RPP Bahasa Inggris Procedure Menulis dan Menyimak Part I
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Inggris
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 18
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
1.
Memahami makna dalam teks fungsional pendek
dan esei berbentuk procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.
Memahami makna dalam teks percakapan
transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan
sehari-hari
3.
Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan esei berbentuk procedure, dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.
Mengungkapkan makna dalam teks
percakapan transaksioanl dan interpersonal resmi dan berlanjut ( sustained)
dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR :
-
Merespon makna dalam teks fungsional
pendek dan esei yang menggunakan ragam bahasa lissan secara akurat, lancar dan
berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
-
Merespon makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) resmi
dan berlanjut ( sustained) secara akurat lancar, dan berterima yang menggunakan
ragam bahasa lisan dlam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak
tutur ; offering
-
Mengungkapkan makna dalam teks
fungsional pendek dan esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
-
Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional ( to get things done ) dan interpersonal ( bersosialisasi ) resmi
dan berlanjut ( sustained ) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan
tindak tutur ; offering
INDIKATOR
-
Menemukan pokok pikiran dari teks
-
Mengidentifikasi ungkapan dalam dialog
-
Menemukan informasi rinci tersurat dan
tersirat
-
Mendemonstrasikan dialog di depan kelas
-
Menemukan informasi tertentu dari dialog
-
Menulis dialog berdasarkan situasi yang
diberikan
JENIS TEKS :
Procedure
ASPEK : Menulis dan Menyimak
ALOKASI WAKTU : 4 x 45 menit ( 2 x pertemuan )
PERTEMUAN : 18,20
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1. Siswa
dapat menemukan pokok pikiran dari teks
2. Siswa
dapat mengidentifikasi ungkapan dalam dialog
3. Siswa
dapat menemukan informasi rinci tersurat dan tersirat
4. Siswa
dapat mendemonstrasikan dialog di depan kelas
5. Siswa
dapat menemukan informasi tertentu dari dialog
6. Siswa
dapat menulis dialog berdasarkan situasi yang diberikan
7. Siswa
dapat menulis teks procedure berdasarkan situasi yang diberikan
METODE : Tanya jawab,
bermain peran, ceramah, penugasan
MATERI PEMBELAJARAN :
-
Teks monolog berbentuk ‘ procedure‘
-
Kosakata yang berhubungna dengan wacana
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN 18
Kegiatan Awal
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
1.
2.
|
-
Mengawali pembelajaran dengan doa bersama
-
Mengecek kehadiran siswa
-
Memberi motivasi
-
Menyampaikan SK dan KD yang harus dibahas
Apersepsi
: Guru memberikan penjelasan sekilas tentang materi yang dibahas dan
mengingatkan materi
|
-
Siswa berdoa
-
Menjawab siapa yang absen
-
Siswa mendengarkan
-
Siswa memperhatikan
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
-
Siswa mendengarkan dan memperhatikan
|
KEGIATAN INTI
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
|
-
Siswa diperlihatkan wacana tertulis tentang ekspresi offering
-
Siswa diminta untuk menggarisbawahi ungkapan yang
terkait
-
Siswa diberikan waktu untuk bertanya
-
Siswa diminta mengerjakan latihan soal terkait
dengan ekspresi diatas secara tertulis
-
Siswa diminta membuat dialog secara tertulis yang
mencakup
ekspresi
tersebut
|
5‘’
10’’
10’’
10’’
30’’
|
KEGIATAN
PENUTUP
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Melakukan refleksi atas materi yang baru saja
dibahas
-
Guru menyampaikan materi apa yang akan dipelajari
pada pertemuan berikutnya
|
-
Mendengarkan
-
Memperhatikan
|
Alat
dan sumber belajar : rekaman
suara, materi look ahead 1page 65-66
Penilaian : Praktik,
penugasan
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Inggris
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar