Soal Tryout Antropologi Kelas XII Ilmu Bahasa

1.      Dilihat dari fungsinya bahasa mempunyai dua fungsi yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus. Salah satu fungsi bahasa secara khusus adalah untuk tujuan praktis, yaitu sebagai alat untuk….
A.    Mengadakan adaptasi
B.    Mengekspresikan jiwa
C.   Memuaskan rasa estetika manusia
D.   Mempelajari ilmu pengetahuan
E.    Mengadakan hubungan dalam pergaulan

2.      Ketika orang-orang berbicara, ada yang mengatakan Jakarta. Ada yang mengatakan Jakarte, kita-kite, berapa-berape,siapa-siapo. Dari cara tersebut dapat disimpulkan….
A.    Adanya kaitan antara bahasa dengan dialek
B.    Tidak ada hubungan antara bahasa dengan dialek
C.   Ada hubungan khusus antarindividu dengan dialek
D.   Menunjukkan hubungan antara daerah dan bahasa
E.    Bahasa terpengaruh oleh situasi

3.      Fungsi tradisi lisan yang berhubungan dengan integrasi nasional adalah….
A.    Sebagai alat bantu proses pendidikan
B.    Meningkatkan persatuan dan kesatuan
C.   Alat pengesahan budaya secara kolektif
D.   Sebagai pencerminan angan-angan masyarakat
E.    Sebagai kekayaan yang dimiliki suatu masyarakat

4.      Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Paparannya panjang lebar dalam menggunakan bahasa
2)    Cerita peristiwa yang benar-benar terjadi ditulis dalam sejarah
3)    Penutur cerita berimprovisasi dengan memperbesar tokoh yang disukai
4)    Menggunakan pola susunan baku yang ditulis secara sistematis
5)    Dengan gaya cerita pembawanya menambah kelucuan sesuai selera pendengarnya
Dari pernyataan diatas yang merupakan ciri-ciri tradisi lisan adalah….
A.    1,2 dan 3
B.    1,2 dan 4
C.   1,3 dan 5
D.   2,4 dan 5
E.    3,4 dan 5 

5.      Berikut ini urutan tahapan masa perkembangan seni sastra di Indonesia adalah….
A.    Sastra lama, Sastra peralihan, sastra Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70
B.    Sastra Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70 dan reformasi
C.   Balai pustaka, pujangga Baru,Angkatan sastra lama Hindu dan Budha
D.   Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, 80-an dan Angkatan reformasi
E.    Sastra baru, Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70  dan 80-an, Angkatan reformasi

6.      Berikut ini merupakan peranan lembaga adat dalam pewarisan budaya adalah….
A.    Mensosialisasikan norma atau aturan yang berlaku
B.    Membentuk anak menjadi pribadi yang utuh dan berkelakukan baik
C.   Mendidik anak menjadi cerdas dalam menguasai ilmu pengetahuan
D.   Mengajarkan pola hidup yang hemat dengan prinsip-prinsip ekonomi
E.    Mewajibkan untuk mengamalkan perbuatan-perbuatan yang baik

7.      Media massa elektronik yang sangat dominan mempengaruhi kepribadian seorang anak dan berdampak dalam perkembangan tingkat kedewasaan adalah….
A.    Koran
B.    Televisi
C.   Majalah
D.   Radio
E.    Handphone

8.      Dalam proses sosialisasi individu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan sosialnya, sedangkan dalam proses enkulturasi individu….
A.    Menyesuaikan diri dengan lingkungan budayanya
B.    Menghasilkan kepribadian yang selaras dan seimbang
C.   Menikmati kehidupan yang hangat dalam masyarakat
D.   Yang mengalami kesulitan dalam proses sosialisasi
E.    Menyesuaikan diri dengan lingkungan social 

9.      Perhatikan table berikut!
No
Faktor pendorong integrasi
Faktor penghambat integrasi
1.
Adanya faktor sejarah
1.    Pendidkan rakyat rendah
2.
Sumpah pemuda
2.    Sikap prasangka
3.
Militer  yang kuat
3.    Tidak adanya bahasa nasional
4.
Rasa cinta daerah
4.    Wilayah negara yang luas
5.
Paham etnosentrisme
5.    Adanya symbol persatuan negara

Yang merupakan faktor pendorong dan faktor penghambat integrasi nasional adalah….
A.    1 dan 2
B.    2 dan 3
C.   2 dan 4
D.   3 dan 4
E.    4 dan 5

10.   Bahasa sebagai alat komunikasi, juga berperan untuk mewujudkan dan mempertahankan integrasi nasional, karena….
A.    Bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar
B.    Bahasa Indonesia menjadi bahasa resmi negara
C.   Dalam pendidikan digunakan Bahasa Indonesia
D.   Bahasa` Indonesia merupakan bahasa pergaulan
E.    Bahasa Indonesia menjadi bahasa perjuangan

11.   Pertujukkan tari Tortor sebagai sarana ritual bermakna untuk….
A.    Menyambut tamu negara
B.    Menolak malapetaka
C.   Menyambut kedatangan roh leluhur
D.   Menyambut para pejabat
E.    Menyambut kedatangan raja

12.   Contoh seni pertunjukan yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai moral adalah….
A.    Barongsai
B.    Wayang wong
C.   Serampang dua belas
D.   Reog ponorogo
E.    Pantomin

13.   Seni pertunjukkan daerah Jawa Barat yang berhubungan dengan pewarisan nilai-nilai moral masyarakat adalah….
A.    Wayang golek
B.    Wayang orang
C.   Jaipong
D.   Angklung
E.    Calung

14.   Tarian terkenal dari Jawa Barat adalah….
A.    Tari barongsai
B.    Tari gambyong
C.   Tari jaipong
D.   Tari lilin
E.    Tari pendet

15.   Totemisme adalah suatu kepercayaan yang menganggap….
A.    Binatang-binatang tertentu memiliki kekuatan ghaib
B.    Bahwa benda-benda tertentu dianggap keramat
C.   Roh-roh memiliki kekuatan ghaib
D.   Dewa-dewa merupakan pengganti tuhan
E.    Adanya kekuatan angin dan benda-benda ghaib

16.   Seni mempunyai beberapa fungsi dalam kehidupan manusia, fungsi seni yang berhubungan dengan kebutuhan jiwa antara lain untuk….
A.    Meningkatkan ketentraman hidup
B.    Menentukan norma perilaku yang teratur
C.   Meneruskan adat dan nilai-nilai budaya
D.   Menambah ikatan solidaritas masyarakat
E.    Menghilangkan problem-problem social

17.   Perhatikan ragam seni berikut ini:
1)    Prasasti
2)    Aksara
3)    Naskah
4)    Didong
5)    Wayang Beber
6)    Makyong
Seni dikelompokkan seni wayang, seni sastra, seni pertunjukkan. Yang termasuk seni sastra adalah nomor….
A.    1,2 dan 3
B.    2,3 dan 4
C.   2,4 dan 6
D.   3,4 dan 5
E.    3,5 dan 6

18.   Perbedaan arsitektur bangunan candi masa Hindu dan masa Budha adalah….
A.    Puncak candi Hindu runcing, sedangkan candi Budha tumpul
B.    Relief candi Hindu lebih detail, pada candi Budha sederhana
C.   Material candi pada masa Hindu halus, sedangkan pada candi Budha kasar
D.   Candi Budha menggunakan perekat semen sedangkan candi Hindu tidak
E.    Bangunan candi Budha menyebar sedangkan candi Hindu terpusat

19.   Pengetahuan astronomi menjadi budaya masyarakat petani tradisional sejak dahulu kala, yang dimanfaatkan untuk….
A.    Penentuan masa tanam
B.    Penentuan hari pesta
C.   Pertanda adanya murah pangan
D.   Pertanda akan adanya paceklik
E.    Pertanda datangnya bahaya

20.   Memudarnya nilai-nilai sosial dan norma-norma social dalam masyarakat merupakan salah satu contoh dampak negative dari….
A.    Rendahnya mutu pendidikan
B.    Perkembangan IPTEK
C.   Terhambatnya komunikasi
D.   Terhambatnya industri
E.    Perubahan kebudayaan

21.   Perhatikan cirri-ciri arsitektur  bangunan!
1)    Fondasi tiang dinaikkan
2)    Pemanjangan bubungan atap
3)    Memakai kerangka besi
4)    Memakai ubin
5)    Menggunakan teralis-teralis
Yang menjadi ciri arsitektur bangunan masyarakat tradisional adalah….
A.    1 dan 2
B.    1 dan 5
C.   2 dan 3
D.   3 dan 4
E.    4 dan 5 

22.   Peranan IPTEK dalam bidang pendidikan antara lain….
A.    Meningkatkan mutu sumber daya manusia
B.    Meningkatkan kesejahteraan rakyat
C.   Menciptakan lapangan kerja di masyarakat
D.   Menimbulkan kehidupan yang serba praktis
E.    Menciptakan sarana dan prasarana modern

23.   Adanya kemajuan IPTEK para petani dapat memanen hasil pertaniannya setahun dua kali dengan hasil yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan….
A.    Metode sengkedan
B.    Tumpang sari
C.   Sawah tadah hujan
D.   Bibit unggul dan irigasi
E.    Tanam gilir

24.   Kepercayaan politheisme adalah kepercayaan yang menyembah kepada dewa-dewa, sedangkan kepercayaan monotheisme menyembah….
A.    Dewa langit
B.    Dewa angin
C.   Tuhan Maha Esa
D.   Dewa matahari
E.    Dewa laut

25.   Perbedaan agama wahyu dan agama bumi adalah….
A.      Agama wahyu konsep ketuhanan tidak monothaisme, agama bumi konsep ketuhanan monothaisme
B.      Agama wahyu disampaikan oleh Rosul utusan Tuhan, agama bumi tidak disampaikan oleh Rosul
C.      Agama wahyu tidak disampaikan oleh rosul, dan agama bumi disampaikan oleh rosul
D.      Agama wahyu ajarannya tahan uji dan kritik, agama bumi ajarannya tahan uji terhadap akal
E.       Agama wahyu dapat terpengaruh oleh rombakan masyarakat penganutnya, agama bumi tidak terpengaruh oleh perubahan masyarakat

26.   Perhatikan dampak dari perilaku keagamaan berikut ini!
1)    Fanatisme yang berlebihan
2)    Fanatisme yang bijak dan terkendali
3)    Ketekunan dalam menjalani agama
4)    Kesombongan religious yang berlebihan
5)    Pemaksaan kehendak terhadap orang lain

Yang merupakan dampak negative perilaku keagamaan adalah….
A.    1,2 dan 3
B.    1,3 dan 5
C.   1,4 dan 5
D.   2,3 dan 5
E.    3,4 dan 5

27.   Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)    Pemberian sesaji untuk para roh
2)    Di sekitar tempat tinggal manusia banyak roh
3)    Penyembelihan hewan kurban untuk para roh
Pernyataan tersebut merupakan ciri-ciri kepercayaan….
A.    Totemisme
B.    Animism
C.   Dinamisme
D.   Polythaisme
E.    Pantheisme

28.   Agama dalam kehidupan bermasyarakat memiliki fungsi pemersatu. Hal ini dapat dibuktikan karena agama….
A.    Merupakan pedoman masyarakat dalam berperilaku
B.    Membimbing manusia untuk menuju kea rah keselamatan
C.   Mengajarkan kaidah-kaidah pengendalian diri
D.   Mengajarkan manusia untuk hidup rukun dengan sesama
E.    Merupakan alat bagi umat manusia untuk hidup teratur

29.   Shafira seorang bocah balita selalu meniru apa yang dilihat dan didengar di sekitarnya. Tindakan Shafira merupakan proses belajar dan penyesuaian diri terhadap adat, norma, dan semua aturan dalam lingkungannya. Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa Shafira sedang menjalani proses….
A.    Enkulturasi
B.    Internalisasi
C.   Adaptasi
D.   Asimilasi
E.    Sosialisasi

30.   Dinamika budaya terjadi karena adanya proses….
A.    Interaksi sosial
B.    Status sosial
C.   Peranan sosial
D.   Ketidaksamaan sosial
E.    Solidaritas sosial

31.   Perhatikan contoh kebudayaan berikut!
1)    Kebudayaan India
2)    Kebudayaan Hindu
3)    Kebudayaan Islam
4)    Kebudayaan Portugis
5)    Kebudayaan Belanda

Dari contoh di atas, termasuk penetration pacifique ke Nusantara adalah nomor….
A.    1,2 dan 3
B.    1,3 dan 5
C.   2,3 dan 5 
D.   2,4 dan 5
E.    3,4 dan 5

32.   Perhatikan pernyataan berikut!
1)    Belajar kelompok
2)    Belajar melalui televisi
3)    Belajar dengan system modul
4)    Belajar melalui internet
5)    Belajar di perpustakaan
Dari pernyataan tersebut, yang merupakan contoh inovasi dalam bidang pembelajaran adalah….
A.    1 dan 2
B.    1 dan 3
C.   2 dan 4
D.   3 dan 4
E.    3 dan 5

33.   Pada masyarakat Betawi sejak kanak-kanak sudah dibiasakan mengaji pada ustadz-ustadz kampung setempat. Hal ini merupakan salah satu contoh proses pewarisan budaya melalui….
A.    Keluarga
B.    Masyarakat
C.   Orang tua
D.   Teman sepermainan
E.    Lembaga agama

34.   Tabel dibawah ini yang menunjukkan perbedaan wujud budaya antara idea dan hasil karya adalah….

Idea
Hasil Karya
A
Bersifat abstrak
Berupa kebendaan
B
Bersifat permanen
Berupa angan-angan
C
Berupa tata kelakuan
Bersifat konkret
D
Berupa tindakan
Bersifat pedoman
E
Dapat dikenali
Dapat dirasakan

35.   Contoh-contoh wujud budaya local:
1)    Memakai pakaian ulos
2)    Mengadakan upacara nyadran
3)    Mengikir gigi ketika beranjak dewasa
4)    Mengadakan upacara sekaten
5)    Melakukan pola patrilineal

Yang merupakan budaya lokal pada masyarakat Bali dan Yogya adalah….
A.    1 dan 2
B.    2 dan 3
C.   3 dan 4
D.   3 dan 5
E.    4 dan 5

36.   Arus difusi budaya sangat kuat di era globalisasi saat ini dan dapat berdampak terhadap budaya lokal, termasuk mempengaruhi kemajemukan budaya masyarakat, karena….
A.    Penetrasi budaya local secara paksa
B.    Menyebabkan adanya pergeseran budaya
C.   Penolakan budaya asing oleh masyarakat
D.   Terjadinya kemunduran pada budaya lokal
E.    Disintegrasi masyarakat semakin meluas

37.   Bapak Arif seorang muslim, ia mengadakan pengajian tahlil dalam rangka memperingati hari ke-40 salah satu anggota keluarganya yang telah meninggal dunia. Contoh tersebut menunjukkan adanya percampuran budaya Islam dan Hindu. Proses percampuran budaya tersebut menunjukan telah terjadinya….
A.    Asimilasi
B.    Akomodasi
C.   Sinkretisme
D.   Sosialisasi
E.    Akulturasi

38.   Keragaman budaya Indonesia mempunyai pengaruh positif dan negative dalam kehidupan masyarakat. Contoh pengaruh negative keragaman budaya pada masyarakat adalah….
A.    Bangsa Indonesia tidak memiliki budaya nasional
B.    Menipisnya identitas budaya yang dimiliki bangsa
C.   Berkembangnya budaya local di Indonesia
D.   Munculnya konflik karena orientasi budaya yang berbeda
E.    Dimanfaatkan sebagai sumber inspirasi pengembangan budaya
39.  Salah satu ciri kebudayaan pinggiran adalah ….
  1. Berada jauh dari pusat kebudayaan
  2. Menjadi rujukan bagi masyarakat etnis
  3. Memiliki pengaruh kuat terhadap masyarakat
  4. Bersifat sentral
  5. Bersifat adiluhung

40.  Salah satu contoh bentuk seni pertunjukan yang menunjukkan kesenian keraton adalah …
  1. Lenong
  2. Ludruk
  3. Kuda Lumping
  4. Tari Bedaya
  5. Tari Jaipong


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text