Soal Tryout Antropologi Kelas XII Ilmu Bahasa
1.
Dilihat
dari fungsinya bahasa mempunyai dua fungsi yaitu fungsi bahasa secara umum dan
secara khusus. Salah satu fungsi bahasa secara khusus adalah untuk tujuan
praktis, yaitu sebagai alat untuk….
A.
Mengadakan
adaptasi
B.
Mengekspresikan
jiwa
C.
Memuaskan
rasa estetika manusia
D.
Mempelajari
ilmu pengetahuan
E.
Mengadakan
hubungan dalam pergaulan
2.
Ketika
orang-orang berbicara, ada yang mengatakan Jakarta. Ada yang mengatakan
Jakarte, kita-kite, berapa-berape,siapa-siapo. Dari cara tersebut dapat
disimpulkan….
A.
Adanya
kaitan antara bahasa dengan dialek
B.
Tidak
ada hubungan antara bahasa dengan dialek
C.
Ada
hubungan khusus antarindividu dengan dialek
D.
Menunjukkan
hubungan antara daerah dan bahasa
E.
Bahasa
terpengaruh oleh situasi
3.
Fungsi
tradisi lisan yang berhubungan dengan integrasi nasional adalah….
A.
Sebagai
alat bantu proses pendidikan
B.
Meningkatkan
persatuan dan kesatuan
C.
Alat
pengesahan budaya secara kolektif
D.
Sebagai
pencerminan angan-angan masyarakat
E.
Sebagai
kekayaan yang dimiliki suatu masyarakat
4.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1)
Paparannya
panjang lebar dalam menggunakan bahasa
2)
Cerita
peristiwa yang benar-benar terjadi ditulis dalam sejarah
3)
Penutur
cerita berimprovisasi dengan memperbesar tokoh yang disukai
4)
Menggunakan
pola susunan baku yang ditulis secara sistematis
5)
Dengan
gaya cerita pembawanya menambah kelucuan sesuai selera pendengarnya
Dari
pernyataan diatas yang merupakan ciri-ciri tradisi lisan adalah….
A.
1,2
dan 3
B.
1,2
dan 4
C.
1,3
dan 5
D.
2,4
dan 5
E.
3,4
dan 5
5.
Berikut
ini urutan tahapan masa perkembangan seni sastra di Indonesia adalah….
A.
Sastra
lama, Sastra peralihan, sastra Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66,
70
B.
Sastra
Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70 dan reformasi
C.
Balai
pustaka, pujangga Baru,Angkatan sastra lama Hindu dan Budha
D.
Balai
pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70, 80-an dan Angkatan reformasi
E.
Sastra
baru, Balai pustaka, pujangga Baru, Angkatan 45, 66, 70 dan 80-an, Angkatan reformasi
6.
Berikut
ini merupakan peranan lembaga adat dalam pewarisan budaya adalah….
A.
Mensosialisasikan
norma atau aturan yang berlaku
B.
Membentuk
anak menjadi pribadi yang utuh dan berkelakukan baik
C.
Mendidik
anak menjadi cerdas dalam menguasai ilmu pengetahuan
D.
Mengajarkan
pola hidup yang hemat dengan prinsip-prinsip ekonomi
E.
Mewajibkan
untuk mengamalkan perbuatan-perbuatan yang baik
7.
Media
massa elektronik yang sangat dominan mempengaruhi kepribadian seorang anak dan
berdampak dalam perkembangan tingkat kedewasaan adalah….
A.
Koran
B.
Televisi
C.
Majalah
D.
Radio
E.
Handphone
8.
Dalam
proses sosialisasi individu melakukan penyesuaian diri dengan lingkungan
sosialnya, sedangkan dalam proses enkulturasi individu….
A.
Menyesuaikan
diri dengan lingkungan budayanya
B.
Menghasilkan
kepribadian yang selaras dan seimbang
C.
Menikmati
kehidupan yang hangat dalam masyarakat
D.
Yang
mengalami kesulitan dalam proses sosialisasi
E.
Menyesuaikan
diri dengan lingkungan social
9.
Perhatikan
table berikut!
No
|
Faktor
pendorong integrasi
|
Faktor
penghambat integrasi
|
1.
|
Adanya
faktor sejarah
|
1.
Pendidkan
rakyat rendah
|
2.
|
Sumpah
pemuda
|
2.
Sikap
prasangka
|
3.
|
Militer
yang kuat
|
3.
Tidak
adanya bahasa nasional
|
4.
|
Rasa
cinta daerah
|
4.
Wilayah
negara yang luas
|
5.
|
Paham
etnosentrisme
|
5.
Adanya
symbol persatuan negara
|
Yang
merupakan faktor pendorong dan faktor penghambat integrasi nasional adalah….
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
2
dan 4
D.
3
dan 4
E.
4
dan 5
10.
Bahasa
sebagai alat komunikasi, juga berperan untuk mewujudkan dan mempertahankan
integrasi nasional, karena….
A.
Bahasa
Indonesia menjadi bahasa pengantar
B.
Bahasa
Indonesia menjadi bahasa resmi negara
C.
Dalam
pendidikan digunakan Bahasa Indonesia
D.
Bahasa`
Indonesia merupakan bahasa pergaulan
E.
Bahasa
Indonesia menjadi bahasa perjuangan
11.
Pertujukkan
tari Tortor sebagai sarana ritual bermakna untuk….
A.
Menyambut
tamu negara
B.
Menolak
malapetaka
C.
Menyambut
kedatangan roh leluhur
D.
Menyambut
para pejabat
E.
Menyambut
kedatangan raja
12.
Contoh
seni pertunjukan yang berfungsi sebagai sarana penanaman nilai-nilai moral
adalah….
A.
Barongsai
B.
Wayang
wong
C.
Serampang
dua belas
D.
Reog
ponorogo
E.
Pantomin
13.
Seni
pertunjukkan daerah Jawa Barat yang berhubungan dengan pewarisan nilai-nilai
moral masyarakat adalah….
A.
Wayang
golek
B.
Wayang
orang
C.
Jaipong
D.
Angklung
E.
Calung
14.
Tarian
terkenal dari Jawa Barat adalah….
A.
Tari
barongsai
B.
Tari
gambyong
C.
Tari
jaipong
D.
Tari
lilin
E.
Tari
pendet
15.
Totemisme
adalah suatu kepercayaan yang menganggap….
A.
Binatang-binatang
tertentu memiliki kekuatan ghaib
B.
Bahwa
benda-benda tertentu dianggap keramat
C.
Roh-roh
memiliki kekuatan ghaib
D.
Dewa-dewa
merupakan pengganti tuhan
E.
Adanya
kekuatan angin dan benda-benda ghaib
16.
Seni
mempunyai beberapa fungsi dalam kehidupan manusia, fungsi seni yang berhubungan
dengan kebutuhan jiwa antara lain untuk….
A.
Meningkatkan
ketentraman hidup
B.
Menentukan
norma perilaku yang teratur
C.
Meneruskan
adat dan nilai-nilai budaya
D.
Menambah
ikatan solidaritas masyarakat
E.
Menghilangkan
problem-problem social
17.
Perhatikan
ragam seni berikut ini:
1)
Prasasti
2)
Aksara
3)
Naskah
4)
Didong
5)
Wayang
Beber
6)
Makyong
Seni
dikelompokkan seni wayang, seni sastra, seni pertunjukkan. Yang termasuk seni
sastra adalah nomor….
A.
1,2
dan 3
B.
2,3
dan 4
C.
2,4
dan 6
D.
3,4
dan 5
E.
3,5
dan 6
18.
Perbedaan
arsitektur bangunan candi masa Hindu dan masa Budha adalah….
A.
Puncak
candi Hindu runcing, sedangkan candi Budha tumpul
B.
Relief
candi Hindu lebih detail, pada candi Budha sederhana
C.
Material
candi pada masa Hindu halus, sedangkan pada candi Budha kasar
D.
Candi
Budha menggunakan perekat semen sedangkan candi Hindu tidak
E.
Bangunan
candi Budha menyebar sedangkan candi Hindu terpusat
19.
Pengetahuan
astronomi menjadi budaya masyarakat petani tradisional sejak dahulu kala, yang
dimanfaatkan untuk….
A.
Penentuan
masa tanam
B.
Penentuan
hari pesta
C.
Pertanda
adanya murah pangan
D.
Pertanda
akan adanya paceklik
E.
Pertanda
datangnya bahaya
20.
Memudarnya
nilai-nilai sosial dan norma-norma social dalam masyarakat merupakan salah satu
contoh dampak negative dari….
A.
Rendahnya
mutu pendidikan
B.
Perkembangan
IPTEK
C.
Terhambatnya
komunikasi
D.
Terhambatnya
industri
E.
Perubahan
kebudayaan
21.
Perhatikan
cirri-ciri arsitektur bangunan!
1)
Fondasi
tiang dinaikkan
2)
Pemanjangan
bubungan atap
3)
Memakai
kerangka besi
4)
Memakai
ubin
5)
Menggunakan
teralis-teralis
Yang
menjadi ciri arsitektur bangunan masyarakat tradisional adalah….
A.
1
dan 2
B.
1
dan 5
C.
2
dan 3
D.
3
dan 4
E.
4
dan 5
22.
Peranan
IPTEK dalam bidang pendidikan antara lain….
A.
Meningkatkan
mutu sumber daya manusia
B.
Meningkatkan
kesejahteraan rakyat
C.
Menciptakan
lapangan kerja di masyarakat
D.
Menimbulkan
kehidupan yang serba praktis
E.
Menciptakan
sarana dan prasarana modern
23.
Adanya
kemajuan IPTEK para petani dapat memanen hasil pertaniannya setahun dua kali
dengan hasil yang baik. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan….
A.
Metode
sengkedan
B.
Tumpang
sari
C.
Sawah
tadah hujan
D.
Bibit
unggul dan irigasi
E.
Tanam
gilir
24.
Kepercayaan
politheisme adalah kepercayaan yang menyembah kepada dewa-dewa, sedangkan
kepercayaan monotheisme menyembah….
A.
Dewa
langit
B.
Dewa
angin
C.
Tuhan
Maha Esa
D.
Dewa
matahari
E.
Dewa
laut
25.
Perbedaan
agama wahyu dan agama bumi adalah….
A. Agama wahyu konsep ketuhanan tidak
monothaisme, agama bumi konsep ketuhanan monothaisme
B. Agama wahyu disampaikan oleh Rosul
utusan Tuhan, agama bumi tidak disampaikan oleh Rosul
C. Agama wahyu tidak disampaikan oleh
rosul, dan agama bumi disampaikan oleh rosul
D. Agama wahyu ajarannya tahan uji dan
kritik, agama bumi ajarannya tahan uji terhadap akal
E. Agama wahyu dapat terpengaruh oleh
rombakan masyarakat penganutnya, agama bumi tidak terpengaruh oleh perubahan
masyarakat
26.
Perhatikan
dampak dari perilaku keagamaan berikut ini!
1)
Fanatisme
yang berlebihan
2)
Fanatisme
yang bijak dan terkendali
3)
Ketekunan
dalam menjalani agama
4)
Kesombongan
religious yang berlebihan
5)
Pemaksaan
kehendak terhadap orang lain
Yang
merupakan dampak negative perilaku keagamaan adalah….
A.
1,2
dan 3
B.
1,3
dan 5
C.
1,4
dan 5
D.
2,3
dan 5
E.
3,4
dan 5
27.
Perhatikan
pernyataan berikut ini!
1)
Pemberian
sesaji untuk para roh
2)
Di
sekitar tempat tinggal manusia banyak roh
3)
Penyembelihan
hewan kurban untuk para roh
Pernyataan
tersebut merupakan ciri-ciri kepercayaan….
A.
Totemisme
B.
Animism
C.
Dinamisme
D.
Polythaisme
E.
Pantheisme
28.
Agama
dalam kehidupan bermasyarakat memiliki fungsi pemersatu. Hal ini dapat
dibuktikan karena agama….
A.
Merupakan
pedoman masyarakat dalam berperilaku
B.
Membimbing
manusia untuk menuju kea rah keselamatan
C.
Mengajarkan
kaidah-kaidah pengendalian diri
D.
Mengajarkan
manusia untuk hidup rukun dengan sesama
E.
Merupakan
alat bagi umat manusia untuk hidup teratur
29.
Shafira
seorang bocah balita selalu meniru apa yang dilihat dan didengar di sekitarnya.
Tindakan Shafira merupakan proses belajar dan penyesuaian diri terhadap adat,
norma, dan semua aturan dalam lingkungannya. Dari contoh tersebut dapat
disimpulkan bahwa Shafira sedang menjalani proses….
A.
Enkulturasi
B.
Internalisasi
C.
Adaptasi
D.
Asimilasi
E.
Sosialisasi
30.
Dinamika
budaya terjadi karena adanya proses….
A.
Interaksi
sosial
B.
Status
sosial
C.
Peranan
sosial
D.
Ketidaksamaan
sosial
E.
Solidaritas
sosial
31.
Perhatikan
contoh kebudayaan berikut!
1)
Kebudayaan
India
2)
Kebudayaan
Hindu
3)
Kebudayaan
Islam
4)
Kebudayaan
Portugis
5)
Kebudayaan
Belanda
Dari
contoh di atas, termasuk penetration
pacifique ke Nusantara adalah nomor….
A.
1,2
dan 3
B.
1,3
dan 5
C.
2,3
dan 5
D.
2,4
dan 5
E.
3,4
dan 5
32.
Perhatikan
pernyataan berikut!
1)
Belajar
kelompok
2)
Belajar
melalui televisi
3)
Belajar
dengan system modul
4)
Belajar
melalui internet
5)
Belajar
di perpustakaan
Dari
pernyataan tersebut, yang merupakan contoh inovasi dalam bidang pembelajaran
adalah….
A.
1
dan 2
B.
1
dan 3
C.
2
dan 4
D.
3
dan 4
E.
3
dan 5
33.
Pada
masyarakat Betawi sejak kanak-kanak sudah dibiasakan mengaji pada ustadz-ustadz
kampung setempat. Hal ini merupakan salah satu contoh proses pewarisan budaya
melalui….
A.
Keluarga
B.
Masyarakat
C.
Orang
tua
D.
Teman
sepermainan
E.
Lembaga
agama
34.
Tabel
dibawah ini yang menunjukkan perbedaan wujud budaya antara idea dan hasil karya
adalah….
|
Idea
|
Hasil Karya
|
A
|
Bersifat
abstrak
|
Berupa
kebendaan
|
B
|
Bersifat
permanen
|
Berupa
angan-angan
|
C
|
Berupa
tata kelakuan
|
Bersifat
konkret
|
D
|
Berupa
tindakan
|
Bersifat
pedoman
|
E
|
Dapat
dikenali
|
Dapat
dirasakan
|
35.
Contoh-contoh
wujud budaya local:
1)
Memakai
pakaian ulos
2)
Mengadakan
upacara nyadran
3)
Mengikir
gigi ketika beranjak dewasa
4)
Mengadakan
upacara sekaten
5)
Melakukan
pola patrilineal
Yang
merupakan budaya lokal pada masyarakat Bali dan Yogya adalah….
A.
1
dan 2
B.
2
dan 3
C.
3
dan 4
D.
3
dan 5
E.
4
dan 5
36.
Arus
difusi budaya sangat kuat di era globalisasi saat ini dan dapat berdampak
terhadap budaya lokal, termasuk mempengaruhi kemajemukan budaya masyarakat,
karena….
A.
Penetrasi
budaya local secara paksa
B.
Menyebabkan
adanya pergeseran budaya
C.
Penolakan
budaya asing oleh masyarakat
D.
Terjadinya
kemunduran pada budaya lokal
E.
Disintegrasi
masyarakat semakin meluas
37.
Bapak
Arif seorang muslim, ia mengadakan pengajian tahlil dalam rangka memperingati
hari ke-40 salah satu anggota keluarganya yang telah meninggal dunia. Contoh
tersebut menunjukkan adanya percampuran budaya Islam dan Hindu. Proses
percampuran budaya tersebut menunjukan telah terjadinya….
A.
Asimilasi
B.
Akomodasi
C.
Sinkretisme
D.
Sosialisasi
E.
Akulturasi
38.
Keragaman
budaya Indonesia mempunyai pengaruh positif dan negative dalam kehidupan
masyarakat. Contoh pengaruh negative keragaman budaya pada masyarakat adalah….
A.
Bangsa
Indonesia tidak memiliki budaya nasional
B.
Menipisnya
identitas budaya yang dimiliki bangsa
C.
Berkembangnya
budaya local di Indonesia
D.
Munculnya
konflik karena orientasi budaya yang berbeda
E.
Dimanfaatkan
sebagai sumber inspirasi pengembangan budaya
39. Salah satu ciri kebudayaan pinggiran adalah
….
- Berada
jauh dari pusat kebudayaan
- Menjadi
rujukan bagi masyarakat etnis
- Memiliki
pengaruh kuat terhadap masyarakat
- Bersifat
sentral
- Bersifat
adiluhung
40. Salah satu contoh bentuk seni pertunjukan
yang menunjukkan kesenian keraton adalah …
- Lenong
- Ludruk
- Kuda
Lumping
- Tari
Bedaya
- Tari
Jaipong
Komentar