RPP Bahasa Perancis Kelas X Pertemuan I- 4 Kurikulum 2013
Lama banget ngga nge-cek di blog ini. Ternyata banyak yang masih berkunjung dan mendapatkan manfaat dari tulisan disini. Jadi semangat lagi untuk melanjutkan :D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata
Pelajaran : Bahasa Perancis
Kelas /
Semester : X / 1
Materi
Pokok : L’idéntité
Alokasi
Waktu : 4 x 2 jp ( 90 menit )
Pertemuan
: 1 -4
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa ingintahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar.
2.
Menunjukkan perilaku
santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan
teman.
3. Memahami
cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, instruksi dan memperkenalkan
diri serta cara meresponnya terkait topik identitas diri (l’identité)
dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya yang sesuai konteks penggunaannya
4.
Menyusun teks lisan dan
tulis sederhana untuk merespon
perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf, meminta
izin, dan instruksi terkait topik identitas diri (l’identité)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan belajar bahasa Perancis
sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2. Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi
antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Siswa
dapat memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta
maaf, meminta izin, instruksi dan
memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik identitas diri
(l’identité) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
budaya yang sesuai konteks penggunaannya
4.
Siswa dapat menyusun teks
lisan dan tulis sederhana untuk merespon
perkenalan diri, sapaan, pamitan, ucapan terimakasih, permintaan maaf, meminta
izin, dan instruksi terkait topik identitas diri (l’identité)
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Agar siswa dapat mensyukuri kesempatan belajar bahasa
Perancis sebagai bahasa pengantar
komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2. Agar
siswa dapat menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan
komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3. Agar
siswa dapat memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, meminta izin, instruksi
dan memperkenalkan diri serta cara meresponnya terkait topik identitas diri
(l’identité) dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan
budaya yang sesuai konteks penggunaannya
4. Agar siswa dapat
menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan,
ucapan terimakasih, permintaan maaf, meminta izin, dan instruksi terkait topik identitas
diri (l’identité)
D.
Materi Ajar
L’identité
E.
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Pembelajjaran berbasis masalah pola
kolaborasi
Metode : Studi
pustaka, Tanya jawab
G Sumber Belajar
- Buku Bahasa Perancis Kelas X SMA
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a. Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran dengan mengawali dengan doa atau bisa juga
dengan mengabsen siswa
b.Siswa diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau
kompetensi dasar yang akan dicapai
c.
Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
PERTEMUAN I
Mengamati
·
Membaca contoh-contoh teks yang sedang dipelajari
· Menirukan / menyalin contoh-contoh yang
diperdengarkan/dibaca secara terbimbing.
Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur kebahasaan, struktur
teks dan unsur budaya serta format penulisan teks yang sedang dipelajari.
Bereksperimen
Membaca / mendengar / menonton contoh-contoh lain dari teks yang
dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku teks, buku panduan, dengan
memperhatikan ungkapan, unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya serta
format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.
Mengasosiasi
· Menganalisis
teks sesuai konteks.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
· Membacakan teks yang dipelajari.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks yang baru saja dibacakan
PERTEMUAN II
Mengamati
·
Mendengarkan contoh-contoh teks yang sedang
dipelajari
· Menirukan contoh-contoh yang diperdengarkan/dibaca
secara terbimbing.
Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur kebahasaan, struktur
teks dan unsur budaya serta format penulisan teks yang sedang dipelajari.
Bereksperimen
Mendengar contoh-contoh lain dari teks yang dipelajari dari berbagai
sumber, termasuk buku teks, buku panduan, dengan memperhatikan ungkapan,
unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya serta format penulisan dari jenis
teks yang sedang dipelajari.
Mengasosiasi
· Menganalisis
teks sesuai konteks.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan
teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
Komunikasi
· Membacakan teks yang dipelajari.
· Memperoleh
balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks yang baru saja dibacakan
PERTEMUAN III
Mengamati
·
Membaca teks yang sedang dipelajari dari berbagai
sumber.
· Menirukan menuliskan identitas sesuai dengan teks secara terbimbing.
Bertanya (questioning)
Dengan
pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur apa saja yang diperlukan
ketika seseorang memperkenalkan diri, yaitu nama, alamat, umur, pekerjaan dan
kewarganegaraan.
Bereksperimen
Membaca contoh-contoh
lain dari teks yang dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku teks, buku
panduan, dengan memperhatikan ungkapan, unsur kebahasaan, struktur teks dan
budaya serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.
Mengasosiasi
· Menganalisis
teks yang dibaca sesuai dengan kebutuhan siswa
Komunikasi
·
Siswa mempresentasikan secara tertulis hasil
tulisannya
PERTEMUAN IV
Mengamati
·
Membaca teks yang ditulis oleh siswa sendiri.
Bertanya (questioning)
Dengan
pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang intonasi dan pelafalan yang
tepat suatu kata
Bereksperimen
Mendengarkan
contoh-contoh lain tentang ungkapan memperkenalkan diri baik dari internet
maupun dari kaset
Mengasosiasi
· Menganalisis
contoh ungkapan yang didengar sesuai dengan kebutuhan siswa
Komunikasi
·
Siswa mempresentasikan secara lisan tentang identitasnya
|
10 menit
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
10 menit
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
10 menit
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
10 menit
5 menit
10 menit
25 menit
20 menit
|
Penutup
|
Refleksi
untuk mengevaluasi:
a.
bersama – sama dengan guru siswa menyimpulkan bagaimana memperkenalkan diri
sendiri
b.
bersama – sama dengan guru siswa memahami bagaimana ucapan dan intonasi yang
tepat suatu kata
|
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes Menyimak :
-
Melengkapi kata.
-
Melengkapi kalimat..
-
Mencocokkan gambar dengan ujaran yang
didengar.
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
|
Aktivitas
diskusi
|
Menghargai
Pend.org lain
|
Kehadiran
siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Gresik, 20 Juli 2014
Kepala Sekolah, Guru
Mapel
Drs. H.
Nurus Shobah, M.M Trianasari,
S.Pd
NIP.
19630713 198803 1 009 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar