RPP Bahasa Perancis Kelas X Semester 2 Kurikulum 13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Satuan Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata Pelajaran       : Bahasa Perancis
Kelas / Semester    : X / 2
Materi Pokok         : La Vie Scolaire
Alokasi Waktu      : 4 x 2 jp ( 90 menit )
Pertemuan              : 5 -8

A.    Kompetensi Inti        
KI  1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI  2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI  3 : Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI  4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar

1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar   komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire ) dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa  terkait  topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan,  struktur teks dan budaya secara benar dan sesuai konteks.

Indikator Pencapaian Kompetensi 

1.      Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar   komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Siswa dapat memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire )dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa  terkait  topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan,  struktur teks dan budaya secara benar dan sesuai konteks

Tujuan Pembelajaran

  1. Agar siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar   komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
  2. Agar supaya siswa dapat menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.      Agar supaya siswa dapat memahami cara memberitahu dan menanyakan tentang fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa terkait topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire )dengan memperhatikan  unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya yang sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Agar supaya siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang cara memberitahu dan menanyakan fakta, perasaan dan sikap, serta meminta dan menawarkan barang dan jasa  terkait  topik Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire ) dengan memperhatikan unsur kebahasaan,  struktur teks dan budaya secara benar dan sesuai konteks

C.      Materi Ajar
Kehidupan Sekolah ( La vie scolaire )

D.    Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan   : Saintifik
Model          : Pembelajaran berbasis masalah pola kolaborasi
Metode        : Studi pustaka, Tanya jawab

E Sumber Belajar
- Buku Bahasa Perancis Kelas X SMA
F     Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a. Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengawali dengan doa atau bisa juga dengan mengabsen siswa
b.Siswa diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
c. Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

10 menit

Inti
PERTEMUAN I

Mengamati
·       Membaca contoh-contoh teks yang sedang dipelajari, yaitu bagaimana menanyakan waktu ( dire l’heure )
·      Menyalin contoh-contoh yang dibaca secara terbimbing.

Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur kebahasaan,  struktur teks dan unsur budaya serta format penulisan teks yang sedang dipelajari.
a.       Tema wacana
b.      Jenis teks
c.       Informasi detail wacana : 5w + IH

Bereksperimen
Membaca/ menonton contoh-contoh lain dari teks yang dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku teks, buku panduan, dengan memperhatikan ungkapan, unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.

Mengasosiasi
·      Menganalisis teks sesuai kebutuhan siswa
              
Komunikasi
·      Membacakan teks yang dipelajari.
·      Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks yang baru saja dibacakan

PERTEMUAN II
Mengamati
·       Mendengarkan contoh-contoh teks yang sedang dipelajari tentang bagaimana menanyakan waktu ( dire l’heure )
·      Menirukan  contoh-contoh yang diperdengarkan /dibaca secara terbimbing.

Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur kebahasaan,  struktur teks dan unsur budaya serta format penulisan teks yang sedang dipelajari.

Bereksperimen
Mendengar contoh-contoh lain dari teks yang dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku teks, buku panduan, dengan memperhatikan ungkapan, unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.

Mengasosiasi
·      Menganalisis teks sesuai konteks.
·      Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang setiap yang dia sampaikan dalam kerja kelompok.
              
Komunikasi
·      Membacakan teks yang dipelajari.
·      Memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang teks yang baru saja dibacakan

PERTEMUAN III

Mengamati
·       Membaca teks yang sedang dipelajari dari berbagai sumber, yaiu tentang menanyakan waktu ( dire l’heure )
·      Menirukan menuliskan identitas sesuai dengan teks secara terbimbing.


Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang unsur apa saja yang diperlukan ketika seseorang memperkenalkan diri, yaitu nama, alamat, umur, pekerjaan dan kewarganegaraan.

Bereksperimen
Membaca contoh-contoh lain dari teks yang dipelajari dari berbagai sumber, termasuk buku teks, buku panduan, dengan memperhatikan ungkapan, unsur kebahasaan, struktur teks dan budaya serta format penulisan dari jenis teks yang sedang dipelajari.

Mengasosiasi
·      Menganalisis teks yang dibaca sesuai dengan kebutuhan siswa

Komunikasi
·         Siswa mempresentasikan secara tertulis hasil tulisannya

PERTEMUAN IV
Mengamati
·       Membaca teks yang ditulis oleh siswa sendiri, yaitu tentang menanyakan waktu ( dire l’heure )

Bertanya (questioning)
Dengan pengarahan guru, siswa mempertanyakan tentang intonasi dan pelafalan yang tepat suatu kata

Bereksperimen
Mendengarkan contoh-contoh lain tentang ungkapan memperkenalkan diri baik dari internet maupun dari kaset

Mengasosiasi
·      Menganalisis contoh ungkapan yang didengar  sesuai dengan kebutuhan siswa

Komunikasi
·         Siswa mempresentasikan secara lisan tentang bagaimana menanyakan identitas orang lain


10 menit




5 menit







10 menit




25 menit




20 menit



10 menit




5 menit




10 menit




25 menit




20 menit





10 menit




5 menit





10 menit





25 menit



20 menit



10 menit


5 menit



10 menit



25 menit



20 menit

Penutup

Refleksi untuk mengevaluasi:
a. bersama – sama dengan guru siswa menyimpulkan bagaimana memperkenalkan diri sendiri
b. bersama – sama dengan guru siswa memahami bagaimana ucapan dan intonasi yang tepat suatu kata 


10 menit

H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes lisan :
-        Melafalkan dialog dengan detail kosakata tentang waktu





2. Non Tes
            Lembar pengamatan presentasi
NO
NAMA
SISWA
INDIKATOR  SIKAP

Aktivitas diskusi
Menghargai Pend.org lain
Kehadiran siswa
Tanggung jawab
Skor
Nilai

































Mengetahui,                                                                           Gresik, 20 Juli 2014    
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel





Drs. H. Nurus Shobah, M.M                                                   Trianasari, S.Pd
NIP. 19630713 198803 1 009                                                NIP. 19860311 201001 2 016









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text