RPP Bahasa Perancis Se Presenter Kurikulum 13


BonsoiR  :)

Next post ada RPP K13 yang sederhana banget ini. Kalian yang lagi pusing mencari bahan atau kerangka kasar untuk kelengkapan administrasi pengajaran, bisa lah ini dipakai buat senjata pamungkas heheehe ...

Sudah K13 sih cuma masih banyak banget kekurangannya.
Jadi yaa monggo silakan ambil yang baik disini dan saya siap lho untuk kritik, any comments atau apapun itu yang sekiranya bakal membuat blog ini lebih bermanfaat untuk banyak orang.

Regards
-Ndiz







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah             :  SMA Negeri 1 Kebomas Gresik
Kelas/ Semester           :  X/1
Program                       :  Lintas Minat (Bahasa)
Mata Pelajaran            :  Bahasa Prancis
Tema                           :  Se Présenter   
Alokasi Waktu            :  3 x 3 Jam Pelajaran

A.  Kompetensi Inti
KI 3 
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
    
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 mendemonstrasikan tindak tutur untuk memperkenalkan diri (se présenter) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.2.1.  Menafsirkan makna tindak tutur dalam suatu wacana lisan  sederhana
3.2.2.  Membedakan bentuk tindak tutur  memperkenalkan diri dalam berbagai situasi (konteks)
3.2.3. Menentukan tindak tutur memperkenalkan diri yang tepat sesuai dengan (situasi) konteks

4.2 menerapkan tindak tutur untuk memperkenalkan diri (se présenter)     dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan

4.2.1. Mendemonstrasikan contoh tindak tutur memperkenalkan diri dalam suatu monolog sederhana sesuai konteks.
4.2.2. Menerapkan berbagai macam tindak tutur memperkenalkan diri dalam suatu bentuk dialog sederhana sesuai konteks. 

C.  Tujuan Pembelajaran
Memahami konsep dan fakta tentang cara memperkenalkan diri (se presenter) dan mampu menerapkannya dalam bentuk wacana lisan dan tulisan.


D.  Materi Ajar

Rangkuman Materi
Teks interpersonal  lisan dan tulis untuk memperkenalkan diri ( se présenter )  

Contoh:
A: Bonjour!
B: Bonjour!
A: Je m’appelle Nicolas. Je suis journaliste. Alors toi?
B: Je m’appelle Maia. Je suis américain mais j’habite à Paris.
A : et moi, je suis français et j’habite à New York.

Verbe “être”

& Untuk menyatakan KEWARGANEGARAAN dan PROFESI, digunakan kata kerja “ÊTRE”. Kata kerja “ÊTRE” kedudukannya sama dengan “to be” dalam bahasa Inggris.  Konjugasi kata kerja “ÊTRE” adalah sebagai berikut:

Arti
Sujet (Subyek)
être
(to be)
Saya
 Je
suis
Kamu
Tu
es
Dia (laki-laki)
Il

Sujet + être + NATIONALITÉ / PROFESSION
 
est
Dia (perempuan)
Elle
est
Kami / kita
Nous
sommes
Anda / kalian
Vous
êtes
Mereka (laki-laki)
Ils
sont
Mereka (perempuan
Elles
sont

& Dalam bahasa Perancis, untuk menyebutkan KEWARGANEGARAAN dan PROFESI, dibedakan / disesuaikan kepada subjeknya, apakah masculin (laki-laki) atau féminin (perempuan). Perubahan bentuk dari masculin ke féminin tidak sama tiap katanya. Perhatikan bagian yang bergaris bawah !

L’adjectif Nationalité (Kewarganegaraan)
ARTI
masculin
féminin
indonésien
indonésienne
orang indonesia
italien
italienne
 orang italia
coréen
coréenne
orang korea
américain
américaine
orang amerika
africain
africaine
 orang afrika
portugais
portugaise
orang portugal
 japonais
 japonaise
 orang jepang
chinois
chinoise
orang cina
espagnol
espagnole
orang spanyol

Nom de Profession ( Nama Profesi)
ARTI
Masculin
féminin
Professeur
professeur
guru / dosen
Ecrivain
écrivain
Penulis
lycéen
lycéenne
siswa/siswi sma
Musicien
musicienne
Musisi
étudiant
étudiante
mahasiswa/ mahasiswi
Mannequin
 mannequine
peragawan/peragawati
Cuisinier
cuisinière
ahli masak (koki)
Danseur
danseuse
Penari
Chanteur
chanteuse
Penyanyi

Exemple :
Jean est français. (Jean adalah orang Perancis), et Isabelle  est française aussi. (dan Isabelle orang Prancis juga)
Nous sommes lycéennes à SMA N 1 Kebomas
 (Kami adalah siswa SMA N 1 Kebomas)
Jean Reno est acteur.
(Jean Reno adalah seorang aktor)
Sophie Marceau est actrice.
(Sophie Marceau adalah seorang aktris)

Verbe “avoir”  (BERUSIA / MEMILIKI)
Kata kerja “AVOIR” adalah kata kerja tak beraturan. Konjugasinya tidak memiliki aturan khusus. Kata kerja ini berfungsi untuk menyatakan USIA dan KEPEMILIKAN. Konjugasi kata kerja “AVOIR:


Sujet (Subyek)



Exemple :
Gina  a seize ans. (Gina berusia 16 tahun)
Elles ont dix-huit ans. (Mereka berusia 18 tahun)
X         : Quel âge a Naomi? (Berapa usia Naomi?)
Y         : Elle a huit ans. (Dia berusia 8 tahun)
J’ai un ami anglais. (Saya memiliki seorang teman inggris)
Monsieur Lenoir a trois enfants. (Tuan Lenoir memiliki 3 orang anak)
*Catatan: subjek je apabila diikuti huruf a,e,i,o,u, dan h berubah menjadi j’.

 
AVOIR
 J’
ai
Tu
as
Il / Elle
a
Nous
avons
Vous
avez
Ils / Elles
ont

·      Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata dan kata kerja terkait jati diri.
(2)   Pronom Personnels: je, tu, vous
(3)   Kata Tanya
(4)   Ucapan, tekanan kata, intonasi.
(5)   Ejaan dan tanda baca.
(6)   Adjectis de nationalité
(7)   La profession

E.       Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.   Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·    Guru berdiri di depan kelas dan mengucapkan salam
·    Guru memberi motivasi belajar.
·    Guru memberi brainstrorming berupa pertanyaan sebagai pengantar materi yang akan
     diajarkan.
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
    
2.   Kegiatan Inti (90 menit)
·  Menonton dan mengamati video (audio visual) tentang perkenalan diri dari berbagai sumber belajar yang diberikan oleh guru
·  Menemukan kata-kata (ungkapan) sulit dalam video yang ditayangkan, kemudian mendiskusikannya
·  Menonton ulang video yang sudah diamati sebelumnya, dengan cara mencocokkan ungkpan yang ditemukan dalam diskusi dengan konteks yang tepat
·  Menemukan bentuk ungkapan lain sesuai dengan konteks dari berbagai sumber belajar lain (buku, majalah, audio, video, dll)
·  Menirukan ungkapan-ungkapan yang ditemukan dalam bentuk kalimat lengkap.
·  Membuat kalimat perkenalan diri.
·  Menyusun kalimat yang telah dibuat menjadi sebuah teks monolog sederhana.
·  Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri (monolog) di depan kelas secara bergantian.
·  Mengkonfirmasi dan mengkomunikasikan seluruh penampilan dari tiap siswa



3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
·    Guru memberi evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada materi yang sudah   diajarkan.
·    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat kalimat perkenalan diri yang lebih rinci meliputi profesi dan kewarganegaraan
·   Guru mengahiri pelajaran dengan mengucapkan salam.

Pertemuan ke-2
1.   Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·    Guru berdiri di depan kelas dan mengucapkan salam
·    Guru memberi motivasi belajar.
·    Guru memberi brainstrorming berupa pertanyaan sebagai pengantar materi yang  
   akan diajarkan.
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
    
2.   Kegiatan Inti (90 menit)
·  Menonton dan mengamati dialog tentang perkenalan diri dari berbagai sumber belajar yang diberikan oleh guru
·  Menemukan kata-kata (ungkapan) sulit dalam dialog, kemudian mendiskusikannya
·  Menemukan bentuk ungkapan lain sesuai dengan konteks dari berbagai sumber belajar lain (buku, majalah, audio, video, dll)
·  Menirukan ungkapan-ungkapan yang ditemukan dalam bentuk kalimat lengkap.
·  Menyusun kalimat perkenalan diri yang telah dibuat menjadi sebuah dialog sederhana.
·  Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri dengan berdialog di depan kelas secara bergantian.
·  Mengkonfirmasi dan mengkomunikasikan seluruh penampilan dari tiap siswa

3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
·    Guru memberi evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada materi yang sudah   diajarkan.
·   Guru mengahiri pelajaran dengan mengucapkan salam.

Pertemuan ke-3
1.   Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·    Guru berdiri di depan kelas dan mengucapkan salam
·    Guru memberi motivasi belajar.
·    Guru memberi brainstrorming berupa pertanyaan sebagai pengantar materi yang  
   akan diajarkan.
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
    
2.   Kegiatan Inti (90 menit)
·  Menonton dan mengamati dialog tentang perkenalan diri dari berbagai sumber belajar yang diberikan oleh guru
·  Menemukan kata-kata (ungkapan) sulit dalam dialog, kemudian mendiskusikannya
·  Menemukan bentuk ungkapan lain sesuai dengan konteks dari berbagai sumber belajar lain (buku, majalah, audio, video, dll)
·  Menirukan ungkapan-ungkapan yang ditemukan dalam bentuk kalimat lengkap.
·  Menyusun kalimat perkenalan diri yang telah dibuat menjadi sebuah paragraf sederhana
·  Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri dengan menulis email kepada teman baru (korespondensi)
·  Mengkonfirmasi dan mengkomunikasikan hasil pekerjaaan dari tiap siswa

3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
·    Guru memberi evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada materi yang sudah   diajarkan.
·  Guru mengahiri pelajaran dengan mengucapkan salam.


F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian :
     a. Lisan (individu)
     b. Tertulis (individu)
      
1.    Indikator penilaian
·         Membuat kalimat sederhana yang tepat dalam suatu konteks dengan stimulus kata kunci / gambar.
·         Menyusun kalimat yang telah dibuat menjadi sebuah teks monolog sederhana
·         Berdialog secara berpasangan tentang perkenalan diri


Format Penilaian Tes Lisan

No.
    


  Nama
Materi
Pelafalan
intonasi
ekspresi
Total
nilai
10 - 30
10-30
5-20
5 – 20

1
2
3
4
5
6
7
8
















                   




















           
Nilai akhir = jumlah keseluruhan skor setiap kriteria.
Nilai minimal = 30, nilai maksimal = 100

Kriteria penskoran:
1.        Materi
10 -15 : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat kurang tepat.
16-20  : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat tepat, tapi belum sesuai konteks.
21-30  : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat tepat dan sesuai konteks.

2.        Pelafalan
10-15  : pelafalan diucapkan dengan kurang jelas dan kurang tepat.
16-20  : pelafalan diucapkan dengan cukup jelas dan tepat.
21-30  : pelafalan diucapkan dengan jelas dan tepat.

3.        Intonasi
5-10  : intonasi yang digunakan belum sesuai.
11-20 : intonasi yang digunakan sudah sesuai

4.        Ekpresi
5-10  : ekspresi yang digunakan belum sesuai
11-20  : ekspresi yang digunakan sudah sesuai

  

Soal Tes Tertulis

1.        Jacques     : Aline, où habites-tu ?
Aline        : … .
a.    Je m’appelle Aline                   c. J’ai quinze ans                     e. Je vais bien
b.    Je viens de Canada                  d. J’habite à Toulouse

2.        Dagobert  : Bonsoir, Madame. Je m’appelle Dagobert. Je viens d’Italie.
Agathe     : Bonsoir. Moi, c’est Agathe. … ?
Dagobert  : Je suis journaliste.
a.    Quelle est votre profession      c. Vous habitez où                  e. Vous venez d’où
b.    Comment allez-vous                d. Vous vous appelez comment

3.        Renée       : Salut, Carmen. … Hugo. Il est mon cousin.
Carmen     : Salut Hugo ! Ça va ?
Hugo        : Ça va bien, merci.
a.    Je m’appelle                             c. Moi, c’est                            e. Je te présente
b.    Comment ça va                       d. Je me présente

2.        Bonjour ! Je m’appelle Silvie.   ......... 15 ans.
a.    J’ai                                           c. J’habite                                e. Bonjour
b.    Je m’appelle                             d. Je suis

3.        Salut! Moi, c’est Hugo. .... directeur.
a.    Je suis                                      c. J’ai                                       e. Je travaille
b.    Je m’appelle                             d. J’habite

Kunci jawaban:
1.         B   2. A  3. A  4. E  5.A

Écrivez le mél pour votre ami(e)! Présentez-vous bien!

 
 




Kriteria penskoran:
Pilihan ganda: skor jawaban betul = 1, skor jawaban salah = 0

Essay : 
Paragraf tersusun dengan sangat baik, runtut, dengan pemilihan kosa kata, tata bahasa, dan tanda baca yang tepat.
86 – 90 
Paragraf tersusun dengan baik, runtut, dengan pemilihan kosa kata, tata bahasa, dan tanda baca yang kurang tepat di beberapa bagian.
76 – 85
Paragraf tersusun dengan cukup baik, runtut, dengan pemilihan kosa kata, tata bahasa, dan tanda baca yang kurang tepat di beberapa bagian
70 - 75
Paragraf tersusun dengan kurang baik, runtut, dengan pemilihan kosa kata, tata bahasa, dan tanda baca yang kurang tepat banyak bagian.
60 – 70

Bagi siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diadakan pembelajaran remidial.
Pengayaan dilakukan dengan mendiskusikan teks dari berbagai sumber belajar lain.
    
G.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.        Media         : video,kartu kata
2.        Alat : LCD,  laptop
3.        Sumber Belajar : Le Mag

Mengetahui,                                                                            Gresik, 17 Juni 2018  
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel




Drs. H. Nurus Shobah, M.M                                                   Trianasari, S.Pd
NIP. 19630713 198803 1 009                                                  NIP. 19860311 201001 2 016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text