RPP Kurikulum 13 Bahasa Perancis Kelas X Tahun 2018


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  SMA Negeri 1 Kebomas Gresik
Kelas/ Semester           :  X/1
Program                       :  Lintas Minat (Bahasa)
Mata Pelajaran            :  Bahasa Prancis
Tema                           :  Saluer, Prendre Congé et Remercier  
Alokasi Waktu            :  3 x 3 Jam Pelajaran

A.  Kompetensi Inti
KI 3 
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4   
mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
    
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1. mendemonstrasikan tindak tutur untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf (remercier et s’excuser) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
3.1.1.  Menafsirkan makna tindak tutur untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf (remercier et s’excuser) dalam suatu wacana lisan  sederhana
3.1.2.  Membedakan bentuk tindak tutur  untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf (remercier et s’excuser)  dalam berbagai situasi (konteks)
3.1.3. Menentukan tindak tutur untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf (remercier et s’excuser) yang tepat sesuai dengan (situasi) konteks

4.1. menerapkan tindak tutur untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih dan meminta maaf (remercier et s’excuser) dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interpersonal dan teks transaksional tulis dan lisan
4.1.1. Mendemonstrasikan contoh tindak tutur memperkenalkan diri dalam suatu monolog sederhana sesuai konteks.
4.1.2. Menerapkan berbagai macam tindak tutur memperkenalkan diri dalam suatu bentuk dialog sederhana sesuai konteks. 

C.  Tujuan Pembelajaran
Memahami konsep dan fakta tentang cara untuk menyapa dan berpamitan (Saluer et prendre congé), mengucapkan terimakasih, dan meminta maaf (remercier et s’excuser)) dan mampu menerapkannya dalam bentuk wacana lisan dan tulisan.   
D.  Materi Ajar

Rangkuman Materi


A.     

SALUER QUEL QU’UN (MENYAPA SESEORANG)     



                                                            
                                          
                                         
SALUTATION (Sapaan)
ADIEUX (Perpisahan)
Expression (Ungkapan)
Réponse  (jawaban)
Expression (Ungkapan)
Réponse  (jawaban)
Bonjour (selamat pagi / siang)
Bonjour
 Au revoir (sampai jumpa lagi)
Au revoir
Bonsoir (selamat petang / malam)
Bonsoir
À demain (sampai jumpa besok)
À demain
Salut  (hai)
Salut
À bientôt (sampai ketemu nanti)
À bientôt
Bienvenue (Selamat datang)
Merci
Adieu (selamat tinggal)
Adieu
Allô (Halo) à di telepon
Allô
Bonne nuit (selamat tidur)
Bonne nuit

*) Ungkapan-ungkapan ini bisa diikuiti Nama, atau kata sapaan terhadap lawan bicara, misal: Monsieur (Tuan), Madame (Nyonya), atau Mademoiselle (Nona).
Monsieur biasa ditulis dengan singkatan M.
Madame biasa ditulis dengan singkatan Mme.
Mademoiselle biasa ditulis dengan singkatan Mlle.

  
& Cara menanyakan kabar:
Expression (Ungkapan)
Réponse bien (jawaban positif)
Réponse mal (jawaban negatif)
Ça va? / Comment ça va ? / Ça va bien?
(baik-baik saja?)
Ça va. / Ça va bien. Et vous? (Baik. dan anda?)
Très bien. Et vous? (Sangat baik. Dan Anda?)
Non, ça va mal.  (Tidak, buruk)

Très mal. (Sangat buruk)
Comment vas- tu? /  Tu vas bien?
(Bagaimana kabarmu?)
Je vais bien. Merci. Et toi? (Saya baik-baik saja. Terimakasih. Dan kamu?)
Non, mal. (Buruk)
Comment Allez-Vous? /  Vous Allez Bien? (Bagaimana kabar Anda?)
Je vais bien. Et vous? (Saya baik-baik saja. Dan Anda?)
Pas bien. (Tidak baik)

Contoh dialog:
Adrien             : Bonjour Sylvie! (Selamat pagi Sylvie!)
Sylvie              : Bonjour! (Selamat pagi!)
Adrien             : Comment ça va? (Apa kabar?)
Sylvie             : Ça va bien. Et toi? (Baik-baik saja. Dan kamu?)
Adrien             : Moi aussi. Merci.  (Aku juga. Terima kasih.)

Cara berterimakasih dan memohon maaf

Expression (Ungkapan)
Réponse
Memohon maaaf
Merci
De rien
Je vous en prie / je t’en prie
Je vous en prie / je t’en prie
Pardon
Pardonez-moi
Merci beaucoup
Je vous remercie / je te remercie


E.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ke-1
1.   Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·    Guru berdiri di depan kelas dan mengucapkan salam
·    Guru memberi motivasi belajar.
·    Guru memberi brainstrorming berupa pertanyaan sebagai pengantar materi yang akan
     diajarkan.
·    Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
·    Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
    
2.   Kegiatan Inti (90 menit)
·  Mendengarkan audio tentang menyapa dan berkenalan dari berbagai sumber belajar yang diberikan oleh guru
·  Menemukan kata-kata (ungkapan) sulit dalam audio yang diperdengarkan, kemudian mendiskusikannya
·  Menonton ulang audio yang sudah diamati sebelumnya, dengan cara mencocokkan ungkpan yang ditemukan dalam diskusi dengan konteks yang tepat
·  Menemukan bentuk ungkapan lain sesuai dengan konteks dari berbagai sumber belajar lain (buku, majalah, audio, video, dll)
·  Menirukan ungkapan-ungkapan yang ditemukan dalam bentuk kalimat lengkap.
·  Membuat kalimat dari kartu kata yang ditampilkan.
·  Menyusun kalimat yang telah dibuat menjadi sebuah teks monolog sederhana
·  Mendemonstrasikan cara memperkenalkan diri (monolog) di depan kelas
·  Mengkonfirmasi penampilan dengan car meminta feedback dari siswa lain

3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
·    Guru memberi evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada materi yang sudah   diajarkan.
·    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari gambar seorang tokoh        dan     memperkenalkan tokoh tersebut dalam bentuk paragraf sederhana
·   Guru mengahiri pelajaran dengan mengucapkan salam.

Pertemuan ke-2
1.   Kegiatan Pendahuluan (20 menit)
·    Guru berdiri di depan kelas dan mengucapkan salam
·    Guru memberi motivasi belajar.
·    Guru memberi brainstrorming berupa pertanyaan sebagai pengantar materi yang akan diajarkan.
·    Guru mengingatkan pelajaran yang sebelumnya
    
2.   Kegiatan Inti (90 menit)
·  Mendengarkan audio tentang menyapa dan berkenalan dari berbagai sumber belajar yang diberikan oleh guru
·  Menemukan kata-kata (ungkapan) sulit dalam audio yang diperdengarkan, kemudian mendiskusikannya
·  Menonton ulang audio yang sudah diamati sebelumnya, dengan cara mencocokkan ungkpan yang ditemukan dalam diskusi dengan konteks yang tepat
·  Menemukan bentuk ungkapan lain sesuai dengan konteks dari berbagai sumber belajar lain (buku, majalah, audio, video, dll)
·  Menirukan ungkapan-ungkapan yang ditemukan dalam bentuk kalimat lengkap.
·  Membuat kalimat dari kartu kata yang ditampilkan.
·  Menerapkan cara memperkenalkan diri dalam bentuk praktik dialog berpasangan / kelompok (guru mendokumentasikan dalam bentuk video)
·  Mengkonfirmasi dan mengkomunikasikan seluruh penampilan dari tiap kelompok / pasangan
3.   Kegiatan Penutup (20 menit)
·    Guru memberi evaluasi terhadap kinerja peserta didik pada materi yang sudah   diajarkan.
·    Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari gambar seorang tokoh        dan memperkenalkan tokoh tersebut dalam bentuk paragraf sederhana
·   Guru mengahiri pelajaran dengan mengucapkan salam.

F.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.    Teknik penilaian :
Lisan (individu)

2.    Indikator penilaian
·         Membuat kalimat sederhana yang tepat dalam suatu konteks dengan stimulus kata kunci / gambar.
·         Menyusun kalimat yang telah dibuat menjadi sebuah teks monolog sederhana
·         Berdialog secara berpasangan tentang menyapa, berkenaln, menanyakan kabar, perpisahan, dan berterimakasih.



1.      Format Penilaian

No.
    


  Nama
Materi
Pelafalan
intonasi
ekspresi
Total
nilai
10 - 30
10-30
5-20
5 – 20

1
2
3
4
5


















  








   







Nilai akhir = jumlah keseluruhan skor setiap kriteria.
Nilai minimal = 30, nilai maksimal = 100

Kriteria penskoran:
1.        Materi
10 -15 : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat kurang tepat.
16-20  : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat tepat, tapi belum sesuai konteks.
21-30  : pemilihan kosa kata, ungkapan dan struktur kalimat tepat dan sesuai konteks.

2.        Pelafalan
10-15  : pelafalan diucapkan dengan kurang jelas dan kurang tepat.
16-20  : pelafalan diucapkan dengan cukup jelas dan tepat.
21-30  : pelafalan diucapkan dengan jelas dan tepat.

3.        Intonasi
5-10  : intonasi yang digunakan belum sesuai.
11-20 : intonasi yang digunakan sudah sesuai


4.        Ekpresi
5-10  : ekspresi yang digunakan belum sesuai
11-20  : ekspresi yang digunakan sudah sesuai
           
G.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.      Media  : video,kartu kata
2.      Alat     : LCD,  laptop
3.      Sumber Belajar
·      Le Mag



Mengetahui,                                                                            Gresik, 17 Juni 2018  
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel





Drs.                                                                                        Trianasari, S.Pd
NIP. 1xxxxxxxxxxxxxxxxxxx                                               NIP. 19860311 201001 2 016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text