Variasi RPP EEK Se Presenter I

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


1. Identitas Mata Pelajaran
     
            Satuan Pendidikan                  : SMAN 1 KEBOMAS
            Kelas                                       : XI
            Semester                                  : I
            Program                                   : Bahasa
      Mata Pelajaran                        : Bahasa Perancis
            Materi Pembelajaran               : Saluer, se présenter
            Jumlah pertemuan                  : 1 kali ( 2 x 45 menit )

2. Standar Kompetensi         : Mendengarkan
                Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
               identitas diri

3. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasikan bunyi, ujaran (kata, frasa   atau kalimat) dalam suatu konteks dengan  mencocokkan, menjodohkan dan membedakan  secara tepat      

4. Indikator pencapaian kompetensi           :
1. Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan ( mandiri )
2. Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan ( mandiri )
      3. Menentukan informasi rinci dari wacana lisan ( rasa ingin tahu )

5. Tujuan Pembelajaran                               :
a. Siswa dapat menentukan tema dari dialog yang diperdengarkan.
b. Siswa dapat menentukan lokasi dialog.
c. Siswa dapat menyebutkan nama pemeran yang ada di dalam dialog.
d.Siswa dapat menjawab profesi dari pemeran yang ada pada dialog
e. Siswa dapat menirukan dialog dengan lafal dan intonasi yang benar.
f. siswa dapat menggunakan kata kerja s’ appeler, être dan avoir .
           
6. -   Materi Ajar
a. Se Présenter
    Dengarkan dialog berikut ini:

Nico                      : Bonjour à tous!
Tous                      : Bonjour!
Nico                      : Je m’ appelle Nicolas, je suis journaliste. Alors, toi. Comment
                                 tu t’appelles ?
Maïa                      : Je m’appelle Maïa
Rémi                      : Moi, c’est   Rémi, et…
Zoé                        : et moi, je m’appelle   Zoé !
Nico                      : Oui, qui est-ce ?
Thomas                  : Euh, c’ est Thomas Crouse
Rémi                      : Tom Cruise ?
Nico                      : Entre.
Rémi                      : Tu es acteur?
Thomas                  : Non. Je m’ appelle Thomas Crouse. C-R-O-U-S-E !           
Nico                      : Salut Thomas ! Moi, c’ est Nico. Voilà Rémi, Zoé et Maïa 
Zoé                        : Moi. Je suis fan de Tom Cruise
     
b. Kosa kata                     :
- Journaliste                       - Qui est – ce ?
- Acteur                             - C’est
- Moi                                 - Voilà
- Entre                               - Fan

c. Grammaire      :
- Le verbe S’ appeler
- Le verbe être

7. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

8. Metode Pembelajaran

Pendekatan          : CBLT ( Competency Based Language Teaching )
Metode                 : Ceramah interaktif
                                      Tanya jawab
      Media/alat            : Laptop , CD Le Mag 1, Speaker                               


9. Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan        : 10 menit
         1. salam              : berdoa ( religious )
         2. absensi
         3. apersepsi         : siswa diberikan pengantar untuk masuk ke dalam bahasa Perancis.                                                     contoh guru mengajukan pertanyaan kata Perancis apa saja yang                                                         diketahui oleh siswa .

B. Inti : 50 menit
a. Eksplorasi:
   - Siswa diperdengarkan sebuah dialog tentang saluer dan se présenter
   - Siswa diperdengarkan kembali dialog berulang – ulang 2 kali
   - Siswa mengidentifikasi tema yang ada di dalam dialog ( kerja keras )

b. Elaborasi
-  Siswa kembali mendengarkan dialog.
   - Siswa menjawab pertanyaan guru ( tanggung jawab )
      * Kata sapaan apa yang digunakan dalam dialog tersebut ?
      * Berapa orang yang terlibat di dalam dialog tersebut ?
      * Siapa saja kah mereka ?
      * Siapa nama lengkap dari Nico ?
      * Apa profesi Nico ?
      * Siapa nama lengkap Thomas ?
      * Siapa yang menjadi penggemar Tom Cruise ?
                
- Bersama guru siswa mencari profesi yang berbeda. Misalnya: ( bersahabat / komunikatif )
  * Professeur = guru
  * Lycéen / ne= siswa / siswi
- Siswa diberikan sedikit pembahasan mengenai kosakata tersebut dibawah ini :
 - Journaliste                         - Qui est – ce ?
- Acteur                                - C’est
- Moi                                    - Voilà
- Entre                                  - Fan

- Siswa diberikan penjelasan mengenai Grammaire, yaitu;
  * Untuk memperkenalkan nama, digunakan kata kerja  s’appeler.
Je m’appelle Triana
  * Untuk memperkenalkan profesi digunakan kata kerja être
Je suis professeur
- Siswa diberikan penjelasan bahwa di Perancis nama terbagi dua, yaitu: nama kecil dan nama keluarga.
   Nama kecil               : Marie
   Nama keluarga         : Le Sourd

c. Konfirmasi ( 25 menit )
-          Siswa diperdengarkan kembali dialog untuk memastikan jawaban yang benar.
-          Siswa diberikan reward berupa pujian bagi siswa yang terlihat aktif dan benar dalam menjawab ( menghargai prestasi )

  1. Penutup
            - Siswa dan guru bersama -sama membuat rangkuman: ( bersahabat / komunikatif )
·         Pemeran dialog terdiri dari 5 orang, yaitu: Nicolas, Thomas, Rémi, Zoé dan Maïa.
·         Dialog terjadi di Atelier Jourmalisme.
·         Nicolas est Journaliste.
·         Grammaire yang digunakan adalah :

Le verbe s’ appeler
Le verbe être
Je m’ appelle Nico
Je suis journaliste
Tu t’ appelles Thomas
Tu es acteur

10 Penilaian Hasil Belajar

a. Jenis tagihan            : Tes tulisan
b. Bentuk  Tagihan      : Pilihan Ganda dan uraian
c. Soal                         :

A. Observe et réponds.
    1. C’ est un atelier de:
    a. cinéma       
    b. journalisme
    c. on ne sait pas.

 B. Ecoute et trouve la bonne réponse !
      1. Les personnages s’ appellent :
               a. Maïa ou Ana ?
               b. Denis ou Rémi ?
               c. Andréa ou Thomas ?
               d. Clhoé ou Zoé ?

      2. Nico est :
               a. journaliste
               b. acteur.

C. Ecoute. Vrai ou faux ?


Vrai
faux
1
Salut = bonjour


2
Nico = Nicolas


3
Zoé est fan de Brad Pitt


4
Thomas est un prénom, et Crouse est un nom




D. Remets les mots dans ordre et fais deux phrases !


Je

Nicolas

journaliste

m’
 


                                          

Je

suis

appellee
 
     a. …………………………………………………….

     b. …………………………………………………….

E. Complète !
     a. Je...........Maïa
     b. Je ...........acteur
     c. Tu ..........journaliste.
     d. Tu ..........Zoé. 

11. Sumber Belajar

a.       Buku Bahasa Perancis untuk SMA/MA kls X
b.      Le mag 1

Mengetahui                                                                                        Gresik, 20 Juli 204
Kepala Sekolah,                                                                          Guru Bahasa Perancis



Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                                               Trianasari, S.Pd
NIP : 19610227 198512 1 001                                             NIP. 19860311 201001 2 016




Lampiran
Soal                         :

A. Observe et réponds.
    1. C’ est un atelier de:
    a. cinéma       
    b. journalisme       
    c. on ne sait pas.

 B. Ecoute et trouve la bonne réponse !
      1. Les personnages s’ appellent :
               a. Maïa ou Ana ?
               b. Denis ou Rémi ?
               c. Andréa ou Thomas ?
               d. Clhoé ou Zoé ?
      2. Nico est :
               a. journaliste
               b. acteur.

C. Ecoute. Vrai ou faux ?


Vrai
faux
1
Salut = bonjour
*

2
Nico = Nicolas
*

3
Zoé est fan de Brad Pitt
*

4
Thomas est un prénom, et Crouse est un nom
*


D. Remets les mots dans ordre et fais deux phrases !

journaliste 

m’

Je

Nicolas
                                         

suis

Je

appellee
 


     a. Je m’appelle Nicolas
     b. Je suis journalist

E. Complète !
     a. Je m’appelle Maïa
     b. Je suis acteur
     c. Tu es journaliste.
     d. Tu t’appeles Zoé. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text