RPP Bahasa Inggris KTSP Berkarakter Kelas X Pertemuan I


Kali ini, saya akan coba berbagi tentang RPP. Humm, contoh RPP ini masih format RPP dengan KTSP berkarakter dan belum Kurikulum 2013. Untuk yang kurikulum terbaru itu, bisa kok kapan - kapan saya share untuk kalian.

Selamat menyimak ya :D


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah         :  SMA N I KEBOMAS
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : X / 2
Pertemuan Ke         :  1
Alokasi Waktu         : 2 x 45 menit

A.     Standar Kompetensi
Mendengarkan
7.            Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.

B.     Kompetensi Dasar
7.1.         Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat.
     
C.     Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
§  Mengidentifikasi kata yang didengar
§  Mengidentifikasi makna kata
§  Mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§  Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
§  Merespon tindak tutur berterima kasih
§  Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
§  Merespon tindak tutur memuji
§  Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
§  Merespon tindak tutur mengucapkan
§  selamat
§  Mengidentifikasi konteks situasi
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
-       Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
-       Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
-       Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
-       Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

D.     Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat mengidentifikasi kata yang didengar
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna kata
§  Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar pembicara
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih
§  Siswa dapat merespon tindak tutur berterima kasih
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur memuji
§  Siswa dapat merespon tindak tutur memuji
§  Siswa dapat mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat
§  Siswa dapat merespon tindak tutur mengucapkan selamat
§  Siswa dapat mengidentifikasi konteks situasi

E.     Materi Pokok
Responding to expressions of congratulating and complimenting.

No.
Words
Exspressions
1.
Great
You look great!
2.
Charming
What a charming dress!
3.
Fantastic
That's a very fantastic!
4.
Congratulate
I must congratulate you!
5.
Terrific
Nice to meet you
6.
Farewell
See you later
7.
Achievements
Terrific. Well done!
8.
Extremely
How extremely nice of

F.      Metode Pembelajaran/Teknik:
Three-phase technique

G.     Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
§  Siswa mampu mengidentifikasi kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi
Siswa menganalisa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi
Siswa mengetahui dan menghafal kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal  (10’)
-       Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
-       Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
-       Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
-       Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
-       Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks

Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§  Memberikan stimulus berupa pemberian materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Mendiskusikan materi bersama siswa  (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Memberikan kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan berbagai teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Siswa diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§  Membiasakan siswa berbagai teks lisan fungsional pendek berupa kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi  guru:
§  Memberikan umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§  Memberi konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber buku lain.
§  Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§  Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
Kegiatan Akhir (10’)
§  Siswa diminta membuat rangkuman dari materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Siswa dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§  Siswa diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi teks kata yang didengar, makna kata, hubungan antar pembicara, makna tindak tutur berterima kasih, makna tindak tutur memuji, makna tindak tutur mengucapkan selamat, dan konteks situasi.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H.     Sumber/Bahan/Alat
-       Developing English Competencies for Grade X Senior High School (SMA/MA)
-       Tape
-       Kamus
-       Kaset/CD
-       Tape/CD Player
-       OHP/LCD
-       Foto/ Poster
-       Gambar
-       Koran berbahasa Inggris
-       Majalah

I.       Penilaian
  • Teknik                        :     Tugas individu, Kuis, Ulangan harian.
  • Bentuk Instrumen    :     Tertulis uraian singkat dan pilihan ganda, Lisan.



Contoh Instrumen     :

Answer these questions orally.

1.      Have your ever got any achievements in your life?
2.      What was the best achievement you got?
3.      How did you feel when you got an achievement?
4.      How did people respond to your achievement? Did they congratulate you?
5.      What do you say when you want to congratulate someone?
6.      How do you respond to someone congratulations?
7.      What do you say when you want to compliment someone?
8.      How do you respond to someone compliment?



Mengetahui                                                                                      Gresik, 20 Juli 2012
Kepala Sekolah                                                Guru Mata Pelajaran


Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                         Trianasari, S.Pd
NIP. 19610227 198512 1 001                            NIP. 19860311 201001 2 106


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Contoh Soal UAS Antropologi