RPP Bahasa Inggris Present Perfect Kurikulum 2013
Grammaire memang sudah tidak begitu populaire untuk diajarkan secara khusus, melainkan harus terintegrasi. Meskipun begitu, RPP ini menitikberatkan pada Present Perfect.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : X / 2
Materi
Pokok : Present Perfect
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalahdalam pergaulan
dunia.
4.
Mengolah,
menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Menunjukkan
perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan
komunikasi fungsional.
3.
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan
menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu
lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.
Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan
yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Siswa dapat menyusun teks
lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta
damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.
Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan
yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Siswa dapat menyusun teks
lisan
dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang
merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E.
Materi Ajar
Present Perfect
D.
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Pembelajaran berbasis
masalah
Metode : Tanya Jawab, Diskusi
G Sumber Belajar :
Internet, Buku Ajar Bahasa Inggris, Rekan Sejawat
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan mengawali dengan doa
b.
Siswa diabsen oleh guru
c.
Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi belajar mengenai tenses, salah satunya present perfect
c.
Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai
tenses
d.Siswa diberikan penjelasan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e.
Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
15 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a.
Siswa diperlihatkan sebuah teks wacana yang memuat berbagai macam tenses. Salah
satunya tenses yang terdapat di dalam wacana adalah Present Perfect.
b.
Siswa diminta untuk mencari mana saja kalimat di dalam teks yang termasuk
dalam present perfect
Menanya :
Siswa
dipersilakan untuk berdiskusi kepada teman sejawat, bertanya kepada sumber
internet atau buku ajar lain di perpustakaan, dan rekan atau guru yang dapat
mereka jadikan sumber belajar
Menalar :
Dalam
kegiatan ini siswa mencermati
a.
bentuk kalimat dalam present perfect
b.
kegunaan present perfect
Mencoba :
Siswa mencoba
membuat dengan kalimat mereka sendiri dengan tenses present perfect
Mengkomunikasikan :
Siswa
kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.
|
15menit
10 menit
10 menit
10 menit
20 menit
|
Penutup
|
Refleksi
untuk mengevaluasi:
a.
Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai
·
bentuk kalimat present
perfect tense
·
kegunaan present perfect
b Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
a. Make
five sentence on present perfect tense !
b. Compose a short text which contain present
perfect tense
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Mengetahui, Gresik, 24 Desember 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mapel
Drs. Abdul
Gofur, M.Pd Trianasari,
S.Pd
NIP.
19610227 198502 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar