RPP Bahasa Inggris Present Perfect Kurikulum 2013


Grammaire memang sudah tidak begitu populaire untuk diajarkan secara khusus, melainkan harus terintegrasi. Meskipun begitu, RPP ini menitikberatkan pada Present Perfect.




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


                                    Satuan Pendidikan : SMA N I Kebomas
                                    Mata Pelajaran       : Bahasa Inggris
                                    Kelas / Semester    : X / 2
                                    Materi Pokok         : Present Perfect
                                    Alokasi Waktu      : 1 x 2 jp ( 90 menit )

A.      Kompetensi Inti 
1.       Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.       Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahdalam pergaulan dunia.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar

1.      Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.



C.      Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.      Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.      Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.      Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.      Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dengan yang merujuk pada kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
E.       Materi Ajar
       Present Perfect

D.    Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan  : Saintifik
Model          : Pembelajaran berbasis masalah
Metode        :  Tanya Jawab, Diskusi

G Sumber Belajar : Internet, Buku Ajar Bahasa Inggris, Rekan Sejawat




F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a. Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran dengan mengawali dengan doa
b. Siswa diabsen oleh guru
c. Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi belajar mengenai tenses, salah satunya present perfect
c. Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai tenses
 d.Siswa diberikan penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e. Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

15 menit
Inti
Mengamati :
a. Siswa diperlihatkan sebuah teks wacana yang memuat berbagai macam tenses. Salah satunya tenses yang terdapat di dalam wacana adalah Present Perfect.
b. Siswa diminta untuk mencari mana saja kalimat di dalam teks yang termasuk dalam present perfect
Menanya   :
Siswa dipersilakan untuk berdiskusi kepada teman sejawat, bertanya kepada sumber internet atau buku ajar lain di perpustakaan, dan rekan atau guru yang dapat mereka jadikan sumber belajar
Menalar    :
Dalam kegiatan ini siswa mencermati
a. bentuk kalimat dalam present perfect
b. kegunaan present perfect
Mencoba :
Siswa mencoba membuat dengan kalimat mereka sendiri dengan tenses present perfect
Mengkomunikasikan :
Siswa kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.


15menit




10 menit



10 menit



10 menit

20 menit
Penutup
Refleksi untuk mengevaluasi:
a. Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai
·         bentuk kalimat present perfect tense
·         kegunaan present perfect
 b Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

10 menit
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
a.       Make  five sentence on present perfect tense !
b.      Compose a short text which contain present perfect tense
      2. Non Tes
            Lembar pengamatan presentasi

            Nama               : ......................................
            Kelas               : ......................................
NO
NAMA
SISWA
INDIKATOR  SIKAP

Aktivitas diskusi
Menghargai Pend.org lain
Kehadiran siswa
Tanggung jawab
Skor
Nilai


































Mengetahui,                                                                           Gresik, 24 Desember 2013      
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mapel




Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                                        Trianasari, S.Pd

NIP. 19610227 198502 1 003                                            NIP. 19860311 201001 2 016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Contoh Soal UAS Antropologi