RPP Bahasa Inggris Ungkapan Memuji Bersayap Kurikulum 2013
Nah, ini dia contoh RPP Kurikulum 2013 Pelajaran Bahasa Inggris. Selamat menyimak ya :D
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : X / 1
Materi
Pokok : Ungkapan Memuji
Bersayap
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalahdalam pergaulan dunia.
4.
Mengolah,
menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Menunjukkan
perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan
guru dan teman.
3.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan memuji bersayap
(extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon
pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.
Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji
bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Siswa dapat menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon
pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.
Siswa dapat menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memuji
bersayap (extended),
serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.
Siswa dapat menyusun teks lisan dan
tulis untuk mengucapkan dan merespon
pujian bersayap (extended), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks.
E.
Materi Ajar
Ungkapan Memuji Bersayap
D.
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Pembelajaran berbasis
masalah
Metode : Field study atau pengamatan, tanya jawab dan,
penugasan.
G Sumber Belajar :
Sumber Internet, Buku Ajar Perpustakaan, Bertanya Rekan Sejawat atau Kakak
Tingkat.
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan mengawali dengan doa
b.
Siswa diabsen oleh guru
c.
Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi belajar bagaimana cara mengucapkan selamat dalam bahasa Inggris
c.
Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai
bagaimana mengucapkan selamat d.Siswa diberikan penjelasan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e.
Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati :
Siswa
diberikan tugas untuk melakukan kajian
literatur mengenai
bagaimana memberikan ucapan selamat dalam bahasa Inggris dan meresponnya.
(
Dalam hal ini siswa diperbolehkan untuk utamanya mengamati dari sumber
internet dan buku ajar yang berada di perpustakaan. Selama kegiatan mengamati
ini, siswa boleh berada di dalam ataupun di luar kelas, yaitu perpustakaan )
Menanya :
Siswa
diantara teman sejawat berdiskusi perihal bagaimana
a.
memberikan ekspresi selamat yang benar dalam bahasa Inggris
b.
merespon ekspresi selamat dalam bahasa Inggris
Menalar :
Dalam
kegiatan ini siswa memilah berbagai ekspresi ucapan selamat yang mereka
temukan. Mana yang merupakan ekspresi
a.
Formal
b.
Informal
Mencoba :
Siswa berinisiatif
untuk mencobakan
temuan mereka dengan memformulasikan kalimat sesuai dengan imajinasi siswa
sendiri
Mengkomunikasikan :
Siswa
kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.
|
20 menit
10 menit
20 menit
10 menit
10 menit
|
Penutup
|
Refleksi
untuk mengevaluasi:
a.
Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai ungkapan memuji bersayap,
bagaimana menanyakan dan merespon dengan tepat.
b Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
·
Compose
a short dialogue about Expressions of Congratulation, Compliment and Gratitude
!
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Mengetahui, Gresik, 24 Desember 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mapel
Drs. Abdul
Gofur, M.Pd Trianasari,
S.Pd
NIP.
19610227 198502 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar