RPP Bahasa Inggris Proverb Kurikulum 2013
Cek juga RPP Kurikulum 2013 yang satu ini juga ye ...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris ( Peminatan )
Kelas /
Semester : X / 2
Materi
Pokok : Proverbs
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A. Kompetensi
Inti
- 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
- 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalahdalam pergaulan dunia.
- 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
- 1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
- 2. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
- 3. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- 4. Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
- 1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
- 2. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
- 3. Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks proverb dan riddle, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- 4. Siswa dapat menangkap makna proverb dan riddle
D. Tujuan
Pembelajaran
- 1. Siswa dapat mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
- 2. Siswa dapat menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
- 3. Siswa dapat menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks proverb dan riddle, sesuai dengan konteks penggunaannya.
- 4. Siswa dapat menangkap makna proverb dan riddle
E.
Materi Ajar
Proverbs
D.
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Pembelajaran berbasis
masalah
Metode : Tanya Jawab, Diskusi
G Sumber Belajar :
Internet, Buku Ajar Bahasa Inggris, Rekan Sejawat
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan mengawali dengan doa
b.
Siswa diabsen oleh guru
c.
Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi belajar mengenai proverbs
c.
Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan tentang
proverbs
d.Siswa diberikan penjelasan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e.
Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a.
Siswa diperlihatkan sebuah teks wacana yang memuat tentang proberbs.
b.
Siswa diminta untuk mencari makna dari proverbs
Menanya :
Siswa
dipersilakan untuk berdiskusi kepada teman sejawat, bertanya kepada sumber
internet atau buku ajar lain di perpustakaan, dan rekan atau guru yang dapat
mereka jadikan sumber belajar
Menalar :
Dalam
kegiatan ini siswa mencermati
a.
fungsi sosial proverb
b.
struktur teks
Mencoba :
Siswa mencoba mencari
berbagai macam proverbs yang dekat dengan dunia siswa sehari – hari
Mengkomunikasikan :
Siswa
kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.
|
15 menit
10 menit
15 menit
10 menit
20 menit
|
Penutup
|
Refleksi untuk mengevaluasi:
a. Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai fungsi sosial
dan struktur teks proverbs
b Menginformasikan rencana kegiatan
pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
|
10 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
What
is the meaning of these proverbs below !
a. "Two wrongs don't make a right."
b. "The pen is mightier than the
sword."
c. "When in Rome, do as the Romans."
d. "The squeaky wheel gets the grease."
e. "When the going gets tough, the tough get
going."
. 2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Mengetahui, Gresik, 24 Desember 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mapel
Drs. Abdul
Gofur, M.Pd Trianasari,
S.Pd
NIP.
19610227 198502 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar