RPP Bahasa Inggris Lagu Sederhana Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA N I Kebomas
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas /
Semester : X / 2
Alokasi
Waktu : 1 x 2 jp ( 90 menit )
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalahdalam pergaulan
dunia.
4.
Mengolah,
menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajari di sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar
1. Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang
diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.
Menyebutkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam lagu sederhana.
4.
Menangkap
makna lagu sederhana.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.
Siswa dapat menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu sederhana.
4.
Siswa dapat menangkap makna lagu
sederhana.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi antar pribadi dengan guru dan teman.
3.
Siswa dapat menyebutkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan dalam
lagu sederhana.
4.
Siswa dapat menangkap makna lagu
sederhana.
E.
Materi Ajar
Social Function of Song
D.
Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Pembelajaran berbasis
masalah
Metode : Auditori
G Sumber Belajar : Internet, Buku Ajar Bahasa Inggris, Rekan
Sejawat
F.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Siswa disiapkan secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
dengan mengawali dengan doa
b.
Siswa diabsen oleh guru
c.
Siswa diberikan motivasi belajar secara kontekstual sesuai manfaat dan
aplikasi belajar bagaimana mencermati unsur kebahasaan dan makna sebuah lagu
c.
Siswa diberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan mengenai unsur
kebahasaan sebuah lagu
d.Siswa diberikan penjelasan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai
e.
Siswa diberikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati :
a.
Siswa diperdengarkan sebuah lagu sederhana “ First Love “ yang dipopulerkan
oleh Nika Costa.
b.
Setelah diperdengarkan, siswa diberikan lirik lagu tersebut
Menanya :
Siswa
dipersilakan untuk berdiskusi perihal
a.
unsur kebahasaan yang terkandung dalam lagu
b.
makna dari lagu
Menalar :
Dalam
kegiatan ini siswa dipersilakan untuk mencari referensi di perpustakaan,
internet atau bertanya pada sumber lain perihal
a.
Pelesapan fungsi kalimat
b.
Pengabaian konjungsi
c.
Dominase frasa / klausa dan bukan kalimat
d.
Makna lagu
Mencoba :
Siswa mencoba
mengaplikasikan unsur bahasa yang telah ditugaskan tadi kepada lagu tersebut.
Mengkomunikasikan :
Siswa
kembali ke kelas untuk mempresentasikan temuan mereka.
|
15 menit
20 menit
10 menit
10 menit
20 menit
|
Penutup
|
Refleksi
untuk mengevaluasi:
a.
Siswa diberikan penegasan oleh guru mengenai
·
unsur kebahasaan yang terkandung dalam
lagu
·
makna dari lagu
b Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya
|
5 menit
|
H. Penilaian Hasil Belajar
1. Tes : Uraian
·
Mention
at least three evidence of these language element
a. Deletion of Sentence Function
b. Neglection of Conjunction
c. Frase dominancy
2. Non Tes
Lembar pengamatan presentasi
Nama
: ......................................
Kelas : ......................................
Kelas : ......................................
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
||
Mengetahui, Gresik, 24 Desember 2013
Kepala Sekolah, Guru
Mapel
Drs. Abdul
Gofur, M.Pd Trianasari,
S.Pd
NIP.
19610227 198502 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar
you help me to do my assigment >.<)d
you help me to do my assigment >,<