Untuk Hades


Keinginan merupakan sumber utama samsara. Manusia yang bisa melepaskan diri dari keinginan hawa nafsunya, dialah seorang Brahma. Baginya, dunia tak lagi indah melainkan penjara dari bertemu sang Sejati.

Dear Hades,

Kebahagiaan itu abstrak, hanya saja itu dapat teridentifikasi ketika hatimu tiba-tiba merasa hangat dan seketika itu ribuan sakura berguguran tepat disekitarmu. Bahagia itu mungkin sederhana, tak serumit ketika kita harus belajar keras dan meraih nilai tertinggi di kelas. Bahagia mu mungkin adalah ketika kamu menari dan meliukkan setiap sendi di tubuhmu dengan anggun dan penuh aura. Menjentikkan jari tengah dan ibu jari mu ke udara, berdiri tegap dan telapak kaki kananmu sedikit terangkat.

          Tidak kah itu lebih abadi dari sekedar perhitungan laba rugi ?
 Konsep baik dan buruk, jahat dan bidadari itu mungkin akan sedikit membuatmu bingung dan sedikit putus asa. Kami manusia dewasa menamakannya fleksibel alias sesuatu yang bisa ditawar atau tidak harus saklek adanya, bahwa ketika A itu tidak harus selalu bernilai A. Karena faktanya memang tidak begitu.

Waktu akan mengajarimu semuanya. Dan aku tidak akan pernah pergi.

          Apa jadinya dunia ketika setiap orang sibuk memikirkan dirinya sendiri. Mungkin bagimu, berbagi itu tidak perlu dilakukan. Yang penting bagimu adalah tidak membuat kerugian. Bisakah kita sebentar saja membicarakan ini dan melepas arogansimu dengan perhitungan laba rugi ?

          Berbagi itu mengakibatkan orang lain bahagia. Tidak kah membuat mereka bahagia akan membuatmu merasa sedikit hangat. Kami menyebutnya cinta. Dan cinta yang semacam ini, konon adalah cinta yang diperebutkan para dewa di Yunani sana. Manusia saling memberi, berkorban dan berjuang demi manusia lainnya.


          Seperti aku yang keliling supermarket untuk kinder bueno. Tiba-tiba sakura berguguran ketika dia menceritakan bagaimana kamu ketika itu. Percayalah, kita akan baik-baik saja dengan tidak berpikiran buruk. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text