RPP Antropologi Kelas XI Bahasa Dinamika dan Pewarisan Budaya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran : Antropologi
Kelas/program : XI/Bahasa
Semester :
1 (satu)
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Pertemuan : 1-3
Standar Kompetensi
:
Menganalisis
unsur-unsur proses dinamika dan pewarisan budaya dalam rangka integrasi
nasional
Kompetensi Dasar :
·
Mendeskripsikan
unsur-unsur budaya
·
Mendeskripsikan
hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan
Indikator
:
Indikator
|
Nilai karakter
|
· Mendeskripsikan
konsep masing-masing unsur budaya
· Mendeskripsikan
fungsi bahasa, seni, agama/religi/kepercayaan
· Memberikan
contoh fungsi bahasa, seni, dan agama/religi/kepercayaan
· Mendeskripsikan
hubungan antara unsur budaya (bahasa, seni, dan religi/kepercayaan)
|
·
Gemar membaca
·
Meningkatkan rasa ingin
tahu
·
Demokratis
·
Menghargai pendapat
orang lain
·
Komunikatif
·
Jujur
·
Bersifat logis
|
Tujuan Pembelajaran :
·
Siswa dapat mendeskripsikan dan menjelaskan pengertian dan konsep
kebudayaan
·
Siswa mampu mengenali (to recognize)
dan menjelaskan unsur-unsur kebudayaan
·
Siswa dapat mendeskripsikan wujud kebudayaan
·
Siswa memiliki kemampuan untuk mendefinisikan dan menjelaskan hubungan
dan fungsi bahasa, seni serta agama/religi/kepercayaan
Materi Pembelajaran
:
a. Antropologi sebagai Ilmu Budaya
Antropologi berasal dari bahasa Yunani,
yaitu anthropos “manusia”, dan logos “ilmu pengetahuan”. Jadi
antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari, membahas, atau mengkaji
manusia.
Antropologi memiliki fokus kajian pada
kebudayaan yang dimiliki oleh kelompok masyarakat, di mana dapat digunakan
untuk mengkaji dan memahami berbagai suku bangsa (etnis) yang ada di Indonesia
dan suku bangsa di penjuru dunia.
b. Pengertian Kebudayaan
Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut
dengan culture,berasal dari bahasa Latin
yaitu colere yang berarti
pemeliharaan atau pengolahan tanah menjadi tanah pertanian. Selanjutnya kata
itu diberi arti pembentukan dan pemurnian jiwa.
Dalam bahasa Indonesia, kata culture sama dengan kata budaya, yang
berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu buddhayah.
Kata buddhayah berasal dari kata budhi yang berarti akal.
Beberapa pengertian kebudayaan dapat
dilihat di bawah ini :
1. James P.
Spradley mendefinisikan kebudayaan sebagai suatu sistem ide atau sistem
gagasan. Sistem itu berfungsi sebagai pedoman dan penuntun masyarakat untuk
bersikap dan berperilaku.maka dari itu kebudayaan bersifat abstrak.
2. Tylor
menyebutkan kebudayaan sebagai sesuatu yang meliputi pengetahuan, kepercayaan,
seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, kesanggupan serta kebiasaan lainnya
yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
3. Koentjaraningrat
mengatakan bahwa menurut ilmu antropologi “kebudayaan” adalah keseluruhan sistem
gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat
yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar
c. Wujud Kebudayaan
Wujud kebudayaan dapat dilihat sebagai
berikut :
1. Wujud kebudayaan
merupakan kesatuan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan
(abstrak).
2. Wujud kebudayaan
merupakan kesatan aktivitas serta tindakan berpola yang dilakukan manusia dalam
suatu masyarakat tertentu (activities).
3. Wujud kebudayaan
dapat dilihat melalui benda-benda hasil karya manusia (artefacts).
Selain itu, kebudayaan juga mempunyai beberapa
sifat, yaitu :
1. Abstrak
2. Memuntun dan
mengarahkan manusia
3. Dimiliki manusia
4. Dimiliki oleh
masyarakat
5. Diwariskan
6. Berubah
d. Unsur-unsur Kebudayaan
Menurut C. Kluckhohn, unsur kebudayaan
ada 7, yaitu :
1. Sistem religi
2. Sistem kemasyarakatan
dan organisasi sosial
3. Sistem pengetahuan
4. Bahasa yang
berbentuk lisan maupun tertulis
5. Kesenian
6. Sistem mata
pencaharian hidup/sistem ekonomi
7. Sistem teknologi
e. Hubungan dan Fungsi Bahasa, Seni, dan Agama/Religi/Kepercayaan
1. Bahasa
Menurut Gorys Keraf,
fungsi bahasa adalah sebagai berikut :
a.
untuk
menyatakan ekspresi diri
b.
sebagai
alat komunikasi
c.
sebagai
alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial
d.
sebagai
alat kontrol sosial
2. Seni
Seni adalah
penggunaan imajinasi manusia secara kreatif untuk menerangkan, memahami, dan
menikmati hidup. Seni merupakan keahlian dan ketrampilan manusia untuk
mengekspresikan dan menciptakan hal-hal yang indah serta bernilai, yang mengacu
pada keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi atau hasrat manusia
terhadap keindahan yang dinikmati dengan mata atau telinga.
Fungsi seni
adalah untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan
3. Agama/religi/kepercayaan
Agama merupakan
sumber pedoman bagi manusia. Agama mengatur hubungan antara manusia engan Sang
Pencipta dan hubungan antara manusia dengan manusia lain, di mana di dalamnya
terdapat konsep tentang benar dan salah.
Beberapa teori
religi, yaitu :
- Teori Animisme oleh EB. Tylor
Menurut Tylor,
religi yang paling tua adalah animisme, yang menembah roh nenek moyang.
-
Teori Preanimisme
oleh R. Marret
Teori ini
mengatakan bahwa ada kepercayaan lain sebelum animisme, yaitu dinamisme.
Masyarakat yang menganut dnamisme mereka menyembah benda-benda yang mereka
anggap mempunyai kekuatan gaib.
-
Teori Totemisme oleh
Robertson Smith
Teori ni
menyatakan bahwa religi tertua adalah pemujaan terhadap totem. Totemisme
merupakan suatu religi yang terdapat dalam kelompok manusia yang menganggap
diri mereka sebagai keturunan dari suatu jenis binatang atau tumbuhan tertentu.
-
Teori Sentimen
Kemasyarakatn oleh E. Durkheim
Hal ini
disebabkan oleh rasa atau emosi keagamaan yang muncul dalam batin manusia yang
mengandung rasa cinta, rasa bakti atau rasa terikat.
-
Teori Prelogis oleh
Levy-Bruhl
Teori ini membahas
tentang pikiran primitif dengan pikiran modern
Metode
Pembelajaran :
1. Penugasan
2. Dialog interaktif ( diskusi kecil )
Langkah-langkah
Pembelajaran :
1.Kegiatan awal : a. Apersepsi
b. Pemberian tugas
c. Membentuk diskusi kecil
2.
Kegiatan inti :
* Siswa setelah mendapatkan penjelasan singkat
dari guru dengan bantuan buku pegangannya menjawab kartu soal yang sudah
dipersiapkan oleh guru.
* Guru memanggil seorang siswa untuk presentasi
hasil dari pekerjaannya di depan kelas dan saat berlangsung guru mengamati
siswa yang lain apakah aktif atau tidak dan langsung memberikan penilaian, hal
tersebut diulangi lagi sampai siswa yang ke empat.
* Guru mengulas materi secara singkat kembali
sambil memberikan penguatan materi dan memberikan kesempatan pada siswa apakah
ada yang kurang jelas
* Guru dan siswa bersama – sama membuat
kesimpulan dari materi diatas
* Guru memberikan tugas untuk minggu depan yaitu menyebutkan keterkaitan
masing-masing unsur kebudayaan beserta contoh.
Alat dan Bahan Sumber Belajar :
a.Sumber belajar :
·
Nugroho Trisnu
Brata. 2007. Antropologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : Penerbit
Erlangga.
·
Drs.Taufiq Rohman
Dhohiri, dkk. 2006. Antropologi SMA
kelas XI. Jakarta : Yudhistira.
·
Emmy Indriyawati.
2007. Antropologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : JP Books
b.Bahan :
LKS , Gambar – gambar , Transparan
c.Alat : LCD , Komputer , Internet , VCD
Penilaian :
a.
Kognitif
: Uraian
1.
Jelaskan
apa yang dimaksud dengan kebudayaan ?
2.
Sebutkan
dan jelaskan wujud kebudayaan !
3.
Sebutkan
dan jelaskan secara singkat tujuh sifat kebudayaan !
4.
Apa
yang kamu ketahui tentang totemisme ?
5.
Jelaskan
fungsi bahasa sebagai identitas bangsa !
b.
Pelaksanaan
Diskusi Kelas :
NO
|
N A M A SISWA
|
KRITERIA YANG DINILAI
|
|||
|
|
PENYAJIAN
|
KEAKTIFAN
|
PENANYA
|
PENJAWAB
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
Keterangan : Masing – masing kriteria rentangan nilainya
1 s / d 25
Hasil kerja individu berupa penugasan tertulis uraian kriteria
penilaiannya meliputi :
a. Kerapian
b.Kebenaran materi
c. Kesesuaian dengan sumber
d. Ketepatan
c.
Penilaian
Afektif :
NO
|
NAMA
SISWA
|
INDIKATOR SIKAP
|
|||||
|
Aktivitas diskusi
|
Menghargai Pend.org lain
|
Kehadiran siswa
|
Tanggung jawab
|
Skor
|
Nilai
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan :
Mengetahui Gresik, 20 Juli 2012
Kepala Sekolah, Guru Antropologi,
Drs. Abdul Gofur, M.Pd Trianasari, S.Pd
NIP : NIP. 19610227 198512 1 001 NIP. 19860311 201001 2 016
Komentar