RPP Antropologi Kelas XI Bahasa Dinamika dan Pewarisan Budaya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran          : Antropologi
Kelas/program           : XI/Bahasa
Semester                     : 1 (satu)
Alokasi waktu            : 8 x 45 menit
Pertemuan                 : 1-3

Standar Kompetensi :
Menganalisis unsur-unsur proses dinamika dan pewarisan budaya dalam rangka integrasi nasional

Kompetensi Dasar :
·         Mendeskripsikan unsur-unsur budaya
·         Mendeskripsikan hubungan dan fungsi bahasa, seni dan agama/religi/kepercayaan

Indikator :
Indikator
Nilai karakter
· Mendeskripsikan konsep masing-masing unsur budaya
· Mendeskripsikan fungsi bahasa, seni, agama/religi/kepercayaan
· Memberikan contoh fungsi bahasa, seni, dan agama/religi/kepercayaan
· Mendeskripsikan hubungan antara unsur budaya (bahasa, seni, dan religi/kepercayaan)

·         Gemar membaca
·         Meningkatkan rasa ingin tahu
·         Demokratis
·         Menghargai pendapat orang lain
·         Komunikatif
·         Jujur
·         Bersifat logis


Tujuan Pembelajaran :
· Siswa dapat mendeskripsikan dan menjelaskan pengertian dan konsep kebudayaan
· Siswa mampu mengenali (to recognize) dan menjelaskan unsur-unsur kebudayaan
· Siswa dapat mendeskripsikan wujud kebudayaan
· Siswa memiliki kemampuan untuk mendefinisikan dan menjelaskan hubungan dan fungsi bahasa, seni serta agama/religi/kepercayaan

Materi Pembelajaran :
a.      Antropologi sebagai Ilmu Budaya
Antropologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu anthropos “manusia”, dan logos “ilmu pengetahuan”. Jadi antropologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari, membahas, atau mengkaji manusia.
Antropologi memiliki fokus kajian pada kebudayaan yang dimiliki oleh kelompok masyarakat, di mana dapat digunakan untuk mengkaji dan memahami berbagai suku bangsa (etnis) yang ada di Indonesia dan suku bangsa di penjuru dunia.
b.      Pengertian Kebudayaan
Dalam Bahasa Inggris, kebudayaan disebut dengan culture,berasal dari bahasa Latin yaitu colere yang berarti pemeliharaan atau pengolahan tanah menjadi tanah pertanian. Selanjutnya kata itu diberi arti pembentukan dan pemurnian jiwa.
Dalam bahasa Indonesia, kata culture sama dengan kata budaya, yang berasal dari Bahasa Sansekerta, yaitu buddhayah. Kata buddhayah berasal dari kata budhi yang berarti akal.
Beberapa pengertian kebudayaan dapat dilihat di bawah ini :
1.      James P. Spradley mendefinisikan kebudayaan sebagai suatu sistem ide atau sistem gagasan. Sistem itu berfungsi sebagai pedoman dan penuntun masyarakat untuk bersikap dan berperilaku.maka dari itu kebudayaan bersifat abstrak.
2.      Tylor menyebutkan kebudayaan sebagai sesuatu yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, kesanggupan serta kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.
3.      Koentjaraningrat mengatakan bahwa menurut ilmu antropologi “kebudayaan” adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar
c.       Wujud Kebudayaan
Wujud kebudayaan dapat dilihat sebagai berikut :
1.      Wujud kebudayaan merupakan kesatuan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan (abstrak).
2.      Wujud kebudayaan merupakan kesatan aktivitas serta tindakan berpola yang dilakukan manusia dalam suatu masyarakat tertentu (activities).
3.      Wujud kebudayaan dapat dilihat melalui benda-benda hasil karya manusia (artefacts).
 Selain itu, kebudayaan juga mempunyai beberapa sifat, yaitu :
1.      Abstrak
2.      Memuntun dan mengarahkan manusia
3.      Dimiliki manusia
4.      Dimiliki oleh masyarakat
5.      Diwariskan
6.      Berubah
d.      Unsur-unsur Kebudayaan
Menurut C. Kluckhohn, unsur kebudayaan ada 7, yaitu :
1.      Sistem religi
2.      Sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial
3.      Sistem pengetahuan
4.      Bahasa yang berbentuk lisan maupun tertulis
5.      Kesenian
6.      Sistem mata pencaharian hidup/sistem ekonomi
7.      Sistem teknologi
e.       Hubungan dan Fungsi Bahasa, Seni, dan Agama/Religi/Kepercayaan
1.      Bahasa
Menurut Gorys Keraf, fungsi bahasa adalah sebagai berikut :
a.       untuk menyatakan ekspresi diri
b.      sebagai alat komunikasi
c.       sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan adaptasi sosial
d.      sebagai alat kontrol sosial
2.      Seni
Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif untuk menerangkan, memahami, dan menikmati hidup. Seni merupakan keahlian dan ketrampilan manusia untuk mengekspresikan dan menciptakan hal-hal yang indah serta bernilai, yang mengacu pada keindahan (estetika) yang berasal dari ekspresi atau hasrat manusia terhadap keindahan yang dinikmati dengan mata atau telinga.
Fungsi seni adalah untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi atau perasaan
3.      Agama/religi/kepercayaan
Agama merupakan sumber pedoman bagi manusia. Agama mengatur hubungan antara manusia engan Sang Pencipta dan hubungan antara manusia dengan manusia lain, di mana di dalamnya terdapat konsep tentang benar dan salah.

Beberapa teori religi, yaitu :
-    Teori Animisme oleh EB. Tylor
Menurut Tylor, religi yang paling tua adalah animisme, yang menembah roh nenek moyang.
-    Teori Preanimisme oleh R. Marret
Teori ini mengatakan bahwa ada kepercayaan lain sebelum animisme, yaitu dinamisme. Masyarakat yang menganut dnamisme mereka menyembah benda-benda yang mereka anggap mempunyai kekuatan gaib.
-    Teori Totemisme oleh Robertson Smith
Teori ni menyatakan bahwa religi tertua adalah pemujaan terhadap totem. Totemisme merupakan suatu religi yang terdapat dalam kelompok manusia yang menganggap diri mereka sebagai keturunan dari suatu jenis binatang atau tumbuhan tertentu.
-    Teori Sentimen Kemasyarakatn oleh E. Durkheim
Hal ini disebabkan oleh rasa atau emosi keagamaan yang muncul dalam batin manusia yang mengandung rasa cinta, rasa bakti atau rasa terikat.
-    Teori Prelogis oleh Levy-Bruhl
Teori ini membahas tentang pikiran primitif dengan pikiran modern

Metode Pembelajaran :
1.   Penugasan
2.   Dialog interaktif ( diskusi kecil )

Langkah-langkah Pembelajaran :
1.Kegiatan awal : a.  Apersepsi
                             b.  Pemberian tugas
                             c.  Membentuk diskusi kecil
2. Kegiatan inti  :
*   Siswa setelah mendapatkan penjelasan singkat dari guru dengan bantuan buku pegangannya menjawab kartu soal yang sudah dipersiapkan oleh guru.
*   Guru memanggil seorang siswa untuk presentasi hasil dari pekerjaannya di depan kelas dan saat berlangsung guru mengamati siswa yang lain apakah aktif atau tidak dan langsung memberikan penilaian, hal tersebut diulangi lagi sampai siswa yang ke empat.
*   Guru mengulas materi secara singkat kembali sambil memberikan penguatan materi dan memberikan kesempatan pada siswa apakah ada yang kurang jelas
*   Guru dan siswa bersama – sama membuat kesimpulan dari materi diatas
*   Guru memberikan  tugas untuk minggu depan yaitu menyebutkan keterkaitan masing-masing unsur kebudayaan beserta contoh.

Alat dan Bahan Sumber Belajar :
a.Sumber belajar : 
·         Nugroho Trisnu Brata. 2007. Antropologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : Penerbit Erlangga.
·         Drs.Taufiq Rohman Dhohiri, dkk. 2006. Antropologi  SMA kelas XI. Jakarta : Yudhistira.
·         Emmy Indriyawati. 2007. Antropologi untuk SMA dan MA kelas XI. Jakarta : JP Books
b.Bahan              :  LKS , Gambar – gambar , Transparan
c.Alat                 :  LCD , Komputer , Internet , VCD

Penilaian :
a.    Kognitif : Uraian
1.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebudayaan ?
2.      Sebutkan dan jelaskan wujud kebudayaan !
3.      Sebutkan dan jelaskan secara singkat tujuh sifat kebudayaan !
4.      Apa yang kamu ketahui tentang totemisme ?
5.      Jelaskan fungsi bahasa sebagai identitas bangsa !

b.   Pelaksanaan Diskusi Kelas :
NO
N A M A SISWA
KRITERIA YANG DINILAI


PENYAJIAN
KEAKTIFAN
PENANYA
PENJAWAB
1





2





3





4





Keterangan : Masing – masing kriteria rentangan nilainya 1 s / d 25
Hasil kerja individu berupa penugasan tertulis uraian kriteria penilaiannya meliputi :
a. Kerapian
b.Kebenaran materi
c. Kesesuaian dengan sumber
d. Ketepatan

c.    Penilaian Afektif :
NO
NAMA
SISWA
INDIKATOR  SIKAP

Aktivitas diskusi
Menghargai Pend.org lain
Kehadiran siswa
Tanggung jawab
Skor
Nilai

1































            Catatan :
Mengetahui                                                                                        Gresik, 20 Juli 2012
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Antropologi,



Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                                                    Trianasari, S.Pd
NIP : NIP. 19610227 198512 1 001                                                    NIP. 19860311 201001 2 016




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text