RPP Bahasa Perancis Dire Les Preferences II

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

1. Identitas Mata Pelajaran
     
            Satuan Pendidikan              : SMAN 1 KEBOMAS
            Kelas                                : XI
            Semester                           : I
            Program                            : Bahasa
      Mata Pelajaran                     : Bahasa Perancis
      Materi Pembelajaran             : Les préférences
            Jumlah pertemuan               : 2 kali ( 4 x 45 menit )

2. Standar Kompetensi         : Menulis
      Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana       tentang les préférences

3. Kompetensi Dasar :
-          Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat
-          Menulis kata, frasa dan kalimat  dengan  huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

4. Indikator pencapaian kompetensi           :
-          Menuliskan kata / frasa / kalimat dengan tepat ( komunikatif )
-          Menyusun  frasa/kalimat  yang tersedia menjadi wacana ( kretaif )
-          membuat wacana pendek tentang Les préférences (  kerja keras )

5. Tujuan Pembelajaran                               :
-          Siswa dapat menuliskan kata / frasa / kalimat dengan tepat
-          Siswa menyusun  frasa/kalimat  yang tersedia menjadi wacana
-          Siswa dapat membuat wacana pendek tentang Les préférences
-           
6. -   Materi Ajar
-          a. Les préférences

Dialogue La fête de la musique

Robert       : Salut, André, ça va ?
André        : Bien, et toi ?
Robert       : ça va, merci. Tu es seul ?
André        : Non. Je suis avec ma femme
André        : Claire, je te présente Robert.
Robert       : Enchanté. Comment allez-vous ?
Claire         : Bien. Et vous ?
Robert       : Très bien. C’est une soirée magnifique et j’adore la musique
Claire         : Et il fait beau et chaud


 b. Kosa kata                    :
-          Les préférences

c. Grammaire      :
-    Le verbe aimer
-    Le verbe adorer
-    Le verbe préférer
-    Le verbe detester

7. Alokasi Waktu
1 x 45 menit

8. Metode Pembelajaran

Pendekatan          : CBLT ( Competency Based Language Teaching )
Metode                 : Ceramah interaktif
      Media/alat            : -

 9. Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan        : 10 menit
         1. salam              : mengucap salam ( religious / komunikatif )
         2. absensi
3. apersepsi         : siswa diberikan pertanyaan mengenai pembelajaran minggu lalu, bagaimana menyatakan kegemaran

B. Inti : 50 menit
a. Eksplorasi:
-    Siswa diperlihatkan sebuah contoh presentasi tentang bagaimana menyatakan hal yang disukai atau tidak ( dalam hal ini dilakukan oleh guru )  (gemar membaca )
-    Siswa diminta untuk membuat wacana tulis  ( kreatif )
b. Elaborasi
   - Siswa diminta untuk membuat wacana tulis yang memuat materi se présenter, présenter quelqu’un et les préférences secara berkelomppok dua orang ( komunikatif )
   - Siswa ditekankan untuk benar dalam penulisan, konjugasi dan kata ganti orang ketiga ( disiplin )
             
c. Konfirmasi.
-          Siswa diminta menyimpulkan kembali bagaimana menyatakan kegemaran                         ( komunikatif )
-          Siswa diberikan reward berupa pujian bagi siswa yang terlihat aktif dan benar dalam menjawab ( menghargai prestasi )

  1. Penutup

            - Siswa dan guru bersama -sama membuat rangkuman: ( komunikatif )
·         Untuk menyatakan yang disukai dengan j’aime + article  défini
·         Untuk menyatakan sesuatu yang tidak disukai je+ne aime pas+ le ..



10 Penilaian Hasil Belajar

a. Jenis tagihan            : Tes essay
b. Bentuk  Tagihan      : Mengarang


11. Sumber Belajar
              a. Modul : La guitare I
              b. Café créme           


Mengetahui                                                                                 Gresik, 20 Juli 2013
Kepala Sekolah,                                                                          Guru Bahasa Perancis




Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                                                    Trianasari, S.Pd
NIP : 19610227 198512 1 001                                             NIP. 19860311 201001 2 016




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text