RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke-9 Dire Aimer
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 9
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MENDENGARKAN ( Memahami wacana lisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kegemaran )
-
BERBICARA ( Mengungkapkan informasi
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kegemaran
)
KOMPETENSI DASAR :
-
Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata,
frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan
membedakan secara tepat
-
Menyampaikan informasi secara lisan
dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa
dapat membedakan bunyi huruf dari kosakata yang mirip
2. Siswa
dapat membedakan bunyi yang didengar
3. Siswa
dapat menentukan benar/salah ujaran
4. Siswa
dapat menirukan ujaran dengan tepat
5. Siswa
dapat menyebutkan ujaran dengan tepat
6. Siswa
dapat mengajukan pertanyaan sesuai konteks
7. Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai konteks
8. Siswa
dapat menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
METODE : Tanya jawab,
bermain peran, ceramah
MATERI PEMBELAJARAN : LES PRÉFÉRENCE
-
Percakapan singkat sederhana tentang kegemaran
-
Teks lisan , singkat sederhana tentang
kegemaran yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai
tema.
Savoir-faire
J'aime ...
J'aime
bien ...
J'aime
beaucoup...
J'adore
...
XYZ,
j'aime ça
Ce
que j'adore le plus, c'est ...
Ce
qui me plaît le plus, c'est ...
Ce
qui me plaît le plus dans ce
livre/cette
histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime
X mais je préfère Y
J'aime
bien X mais j’aime mieux Y
J’aime
un peu / beaucoup /
passionnément
/ à la folie ...
Je n’aime
pas...
Je
n'aime pas
Je
n’aime vraiment pas ...
Je
n’aime pas du tout...
Je
déteste...
XYZ,
je n’aime pas ça
XYZ,
je n’aime pas trop
Je
n’aime pas trop XYZ
Le
/La/ Les X, ça me déplaît.
Le
/La/ Les X, ça me dégoûte.
Je
n'aime ni le X ni la Y
Je ne
supporte pas...
Je
trouve que c'est nul.
Je
trouve ça assez ennuyeux
Ce n’est pas
terrible
Grammaire
Exprimer ses goûts
|
|
J'adore
J'aime + Verbe à l'infinitif J'apprécie
Ex :
j'aime voyager j'adore enseigner j'apprécie voyager en avion |
Je déteste
Je n'aime pas + verbe à l'infinitif
Ex :
Je n'aime pas voyager Je déteste attendre |
J'adore
J'aime + article défini (le / la / les) + substantif J'apprécie
Ex :
J'adore le chocolat Elle aime la danse Nous apprécions la musique classique |
Je déteste
Je n'aime pas + article défini (le / la / les) + substantif
Ex :
Je n'aime pas le café Elle n'aime pas le football Les enfants n'aiment pas les épinards |
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
1.
2.
|
-
Membuka pelajaran dengan salam ‘ bonjour ! comment ça va ?
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk kembali mengingat pelajaran yang telah diberikan
minggu lalu ).
|
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
KEGIATAN INTI
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
|
-
Siswa diperdengarkan rekaman tentang bagaimana
mengungkapkan kegemaran
-
Guru membahas rekaman tersebut satu persatu,
memperdengarkannya berulang-ulang maksimal 3 kali
-
Siswa diarahkan satu persatu untuk mengetahui
pernyataan positif dan pernyataan negative
-
Siswa diminta untuk satu persatu mengulangi
ungkapan tersebut
-
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai tema umum
dan informasi rinci dalam teks lisan
-
Siswa diminta untuk mengungkapkan apa yang
digemari dan apa yang tidak digemari dalam minimal 5 kalimat.
|
5 ‘’
10’’
10’’
20’’
5’’
30’’
|
KEGITAN
PENUTUP
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Mengucap salam
|
-
Menjawab salam
|
Alat
dan sumber belajar : rekaman
suara tentang kegemaran
Metode
mengajar : Tanya jawab,
diskusi
Penilaian : Praktik
berbicara bahasa Perancis
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
TEKS LISAN
atau
TEKS RUMPANG
Ludovic :Je
un spectacle de cabaret, ce soir. Ça t'intéresse?
Émilie :Oui, j'
sortir, aller au spectacle...
Ludovic :Moi aussi, mais je
aller au cinéma. Je déteste faire la queue devant le cinéma. Je
le théâtre.
Émilie : Moi aussi, j'
le théâtre. En fait, je suis
de théâtre, tu sais?
Ludovic :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic :Et tu aimes le cirque?
Émilie :Ah non, j'
du cirque!
Émilie :Oui, j'
Ludovic :Moi aussi, mais je
Émilie : Moi aussi, j'
Ludovic :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic :Et tu aimes le cirque?
Émilie :Ah non, j'
TEKS
BENAR SALAH TERTULIS
1.
Émilie accepte d'aller au cabaret.
- ? vrai
- ? faux
2.
Ludovic et Émilie détestent le théâtre.
- ? vrai
- ? faux
3.
Émilie déteste le cirque.
- ? vrai
- ? faux
Komentar