RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke-10 Les Preferences

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH      : SMAN 1 KEBOMAS
MATA PELAJARAN  : Bahasa Perancis       
PROGRAM               : Pilihan
KELAS/SEMESTER   : X
PERTEMUAN KE      : 10
ALOKASI WAKTU    : 2 x 45 menit

STANDAR KOMPETENSI  : 
-          MEMBACA ( Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kesukaan )
-          MENULIS ( Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kesukaan  )
KOMPETENSI DASAR       :
-           Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
-          Menulis kata, frasa dan kalimat dengan huruf , ejaan dan tanda baca yang tepat.
-          Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Siswa dapat menentukan bentuk wacana dengan tepat
2.      Siswa dapat menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis
3.      Siswa dapat menentukan informasi rinci dari wacana tulis
4.      Siswa dapat membaca dengan intonasi yang tepat kata/frasa/kalimat
5.      Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu/rinci dari wacana tulis
6.      Siswa dapat menulis kalimat dengan tepat
7.      Siswa dapat menulis paragaraf dengan tepat

METODE                                    : diskusi, ceramah
MATERI PEMBELAJARAN           : Les préférences
-          Teks tulis , singkat sederhana tentang mengungkapkan kesukaan, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.
Savoir-faire
J'aime ...
J'aime bien ...
J'aime beaucoup...
J'adore ...
XYZ, j'aime ça
Ce que j'adore le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus dans ce
livre/cette histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime X mais je préfère Y
J'aime bien X mais j’aime mieux Y
J’aime un peu / beaucoup /
passionnément / à la folie ...

Je n’aime pas...
Je n'aime pas
Je n’aime vraiment pas ...
Je n’aime pas du tout...
Je déteste...
XYZ, je n’aime pas ça
XYZ, je n’aime pas trop
Je n’aime pas trop XYZ
Le /La/ Les X, ça me déplaît.
Le /La/ Les X, ça me dégoûte.
Je n'aime ni le X ni la Y
Je ne supporte pas...
Je trouve que c'est nul.
Je trouve ça assez ennuyeux
Ce n’est pas terrible

Grammaire
Exprimer ses gouts
J'adore
J'aime + Verbe à l'infinitif
J'apprécie
Ex :
j'aime voyager
j'adore enseigner
j'apprécie voyager en avion

Je déteste
Je n'aime pas + verbe à l'infinitif
Ex :
Je n'aime pas voyager
Je déteste attendre

J'adore
J'aime + article défini (le / la / les) + substantif
J'apprécie
Ex :
J'adore le chocolat
Elle aime la danse
Nous apprécions la musique classique

Je déteste
Je n'aime pas + article défini (le / la / les) + substantif
Ex :
Je n'aime pas le café
Elle n'aime pas le football
Les enfants n'aiment pas les épinards


Vocabulaire

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.



2.
Membuka pelajaran dengan salam ‘ bonjour ! comment ça va ?’
Guru menanyakan kabar siswa

Apersepsi
( Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).

-          Menjawab salam, “ bonjour ! ça  va bien. Et  vous comment ça va?”

                                                             
-          Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru

KEGIATAN INTI

Kegiatan Siswa
Alokasi waktu

-          Siswa diperlihatkan sebuah teks paparan/dialog sederhana tentang mengungkapkan kegemaran
-          Siswa diberikan kesempatan siswa untuk menanyakan cara baca suatu kata
-          Siswa diminta untuk membaca teks tertulis tersebut di depan kelas
-          Siswa diberikan kesempatan bertanya apakah ada kosakata yg tidak dimengerti
-          Siswa diberikan pertanyaan langsung tentang tema umum wacana tulis.
-          Siswa diberikan pertanyaan tentang informasi rinci wacana tulis
-          Siswa diberikan penjelasan bagaimana mengungkapkan kegemaran dalam bahasa Perancis
-          Siswa diminta untuk menuliskan identitas diri tokoh yang ada di dalam wacana dengan pronominal orang ketiga dan kegemarannya.
-          Siswa diminta untuk mengungkapkan kegemarannya dalam sebuah paragraf yang runtut.
3’’

5’’

30’’

10’’

5’’

5’’

15’


20’


Kegiatan Penutup

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

-          Ok, il y a des  questions encore à poser? Sinon vous pouvez travailler dans ce papier et me ramassent dans 7 minutes.
-          Guru membagikan kepada siswa kertas yang berisi carte d’idéntité .

-          Mendengarkan




-          Siswa melengkapi

Alat dan sumber belajar          :  Teks paparan atau dialog tertulis, carte d’identité dengan gambar         sederhana
Metode mengajar                   : ceramah, diskusi
Penilaian                               : Praktik, tugas tertulis, performance membaca

Gresik, April 2010

Mengetahui                                                                             Penyusun
Kepala SMAN 1 KEBOMAS                                                      Guru Bahasa Perancis





Drs. H.M.E Wahyudi, MM                                                     Trianasari, S.Pd
NIP. 19631031 199003 1 003                                                NIP. 19860311 201001 2 016

TEKS BENAR SALAH TERTULIS

1. Émilie accepte d'aller au cabaret.
  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux
2. Ludovic et Émilie détestent le théâtre.
  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux
3. Émilie déteste le cirque.

  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text