RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke-10 Les Preferences
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 10
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MEMBACA ( Memahami wacana tulis berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan kesukaan )
-
MENULIS ( Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang mengungkapkan
kesukaan )
KOMPETENSI DASAR :
-
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu
dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
-
Menulis kata, frasa dan kalimat dengan
huruf , ejaan dan tanda baca yang tepat.
-
Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Siswa
dapat menentukan bentuk wacana dengan tepat
2. Siswa
dapat menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis
3. Siswa
dapat menentukan informasi rinci dari wacana tulis
4. Siswa
dapat membaca dengan intonasi yang tepat kata/frasa/kalimat
5. Siswa
dapat menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu/rinci dari wacana tulis
6. Siswa
dapat menulis kalimat dengan tepat
7. Siswa
dapat menulis paragaraf dengan tepat
METODE : diskusi,
ceramah
MATERI PEMBELAJARAN : Les préférences
-
Teks tulis , singkat sederhana tentang
mengungkapkan kesukaan, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan
komunikatif sesuai tema.
Savoir-faire
J'aime ...
J'aime
bien ...
J'aime
beaucoup...
J'adore
...
XYZ,
j'aime ça
Ce
que j'adore le plus, c'est ...
Ce
qui me plaît le plus, c'est ...
Ce
qui me plaît le plus dans ce
livre/cette
histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime
X mais je préfère Y
J'aime
bien X mais j’aime mieux Y
J’aime
un peu / beaucoup /
passionnément
/ à la folie ...
Je n’aime
pas...
Je
n'aime pas
Je
n’aime vraiment pas ...
Je
n’aime pas du tout...
Je
déteste...
XYZ,
je n’aime pas ça
XYZ,
je n’aime pas trop
Je
n’aime pas trop XYZ
Le
/La/ Les X, ça me déplaît.
Le
/La/ Les X, ça me dégoûte.
Je
n'aime ni le X ni la Y
Je ne
supporte pas...
Je
trouve que c'est nul.
Je
trouve ça assez ennuyeux
Ce n’est pas
terrible
Grammaire
Exprimer ses gouts
|
|
J'adore
J'aime + Verbe à l'infinitif J'apprécie
Ex :
j'aime voyager j'adore enseigner j'apprécie voyager en avion |
Je déteste
Je n'aime pas + verbe à l'infinitif
Ex :
Je n'aime pas voyager Je déteste attendre |
J'adore
J'aime + article défini (le / la / les) + substantif J'apprécie
Ex :
J'adore le chocolat Elle aime la danse Nous apprécions la musique classique |
Je déteste
Je n'aime pas + article défini (le / la / les) + substantif
Ex :
Je n'aime pas le café Elle n'aime pas le football Les enfants n'aiment pas les épinards |
Vocabulaire
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
2.
|
Membuka
pelajaran dengan salam ‘ bonjour !
comment ça va ?’
Guru
menanyakan kabar siswa
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu
lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).
|
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru
|
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
|
-
Siswa diperlihatkan sebuah teks paparan/dialog
sederhana tentang mengungkapkan kegemaran
-
Siswa diberikan kesempatan siswa untuk menanyakan
cara baca suatu kata
-
Siswa diminta untuk membaca teks tertulis tersebut
di depan kelas
-
Siswa diberikan kesempatan bertanya apakah ada
kosakata yg tidak dimengerti
-
Siswa diberikan pertanyaan langsung tentang tema
umum wacana tulis.
-
Siswa diberikan pertanyaan tentang informasi rinci
wacana tulis
-
Siswa diberikan penjelasan bagaimana mengungkapkan
kegemaran dalam bahasa Perancis
-
Siswa diminta untuk menuliskan identitas diri
tokoh yang ada di dalam wacana dengan pronominal orang ketiga dan
kegemarannya.
-
Siswa diminta untuk mengungkapkan kegemarannya
dalam sebuah paragraf yang runtut.
|
3’’
5’’
30’’
10’’
5’’
5’’
15’
20’
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Ok, il y a
des questions encore à poser? Sinon
vous pouvez travailler dans ce papier et me ramassent dans 7 minutes.
-
Guru membagikan kepada siswa kertas yang berisi carte d’idéntité .
|
-
Mendengarkan
-
Siswa melengkapi
|
Alat
dan sumber belajar : Teks paparan atau dialog tertulis, carte d’identité dengan gambar sederhana
Metode
mengajar : ceramah,
diskusi
Penilaian : Praktik,
tugas tertulis, performance membaca
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
TEKS
BENAR SALAH TERTULIS
1.
Émilie accepte d'aller au cabaret.
- ? vrai
- ? faux
2.
Ludovic et Émilie détestent le théâtre.
- ? vrai
- ? faux
3.
Émilie déteste le cirque.
- ? vrai
- ? faux
Komentar