RPP Bahasa Perancis Dire Les Preferences

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


1. Identitas Mata Pelajaran
     
            Satuan Pendidikan  : SMAN 1 KEBOMAS
            Kelas                    : XI
            Semester               : I
            Program                : Bahasa
      Mata Pelajaran        : Bahasa Perancis
            Materi Pembelajaran  : Les préférences
            Jumlah pertemuan     : 1 kali ( 2 x 45 menit )

2. Standar Kompetensi         : Mendengarkan
                 Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
               les préférences
3. Kompetensi Dasar :
-          Mengidentifikasikan bunyi, ujaran (kata, frasa   atau kalimat) dalam suatu konteks dengan  mencocokkan, menjodohkan dan membedakan  secara tepat      
-          Memperoleh informasi dari berbagai bentuk teks lisan pendek sederhana tentang kegemaran

4. Indikator pencapaian kompetensi           :
1. Menentukan informasi umum/tema dari wacana lisan. ( rasa ingin tahu )
2. Menentukan informasi tertentu/kata kunci dari wacana lisan ( rasa ingin tahu )
      3. Menentukan informasi rinci dari wacana lisan ( rasa ingin tahu )

5. Tujuan Pembelajaran       :
a. Siswa dapat menentukan tema dari dialog yang diperdengarkan.
b. Siswa dapat menyebutkan nama pemeran yang ada di dalam dialog
c. Siswa dapat menirukan dialog dengan lafal dan intonasi yang benar.
d. Siswa dapat melengkapi teks rumpang

6. -   Materi Ajar
a. Les préférences
    Lengkapi teks rumpang berikut !
Ludovic          :Je un spectacle de cabaret, ce soir. Ça t'intéresse?
Émilie            :Oui, j' sortir, aller au spectacle...
Ludovic          :Moi aussi, mais je
aller au cinéma. Je déteste faire la queue devant le cinéma. Je le                                  théâtre.
Émilie            : Moi aussi, j'
le théâtre. En fait, je suis de théâtre, tu sais?
Ludovic          :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie            :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic          :Et tu aimes le cirque?
Émilie            :Ah non, j'
du cirque!



b. Kosa kata                     :
- cirque                  - theathre
- cabaret                - littérature
- spectacle             - cinéma                      

c. Grammaire      :
J'aime ...
J'aime bien ...
J'aime beaucoup...
J'adore ...
XYZ, j'aime ça
Ce que j'adore le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus, c'est ...
Ce qui me plaît le plus dans ce
livre/cette histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime X mais je préfère Y
J'aime bien X mais j’aime mieux Y
J’aime un peu / beaucoup /
passionnément / à la folie ...

Je n’aime pas...
Je n’aime vraiment pas ...
Je n’aime pas du tout...
Je déteste...
XYZ, je n’aime pas ça
XYZ, je n’aime pas trop
Je n’aime pas trop XYZ
Le /La/ Les X, ça me déplaît.
Le /La/ Les X, ça me dégoûte.
Je n'aime ni le X ni la Y
Je ne supporte pas...
Je trouve que c'est nul.
Je trouve ça assez ennuyeux
Ce n’est pas terrible

7. Alokasi Waktu
2 x 45 menit

8. Metode Pembelajaran

Pendekatan          : CBLT ( Competency Based Language Teaching )
Metode                 : Tanya jawab
      Media/alat            : Laptop , Speaker                               

9. Kegiatan Pembelajaran

A. Pendahuluan        : 10 menit

         1. salam              : mengucap salam ( religius / komunikatif )
         2. absensi
         3. apersepsi         : siswa diberikan pengantar untuk masuk ke dalam bahasa Perancis.                                              contoh bagaimana mengatakan hal yang menjadi kegemaran kita
B. Inti : 50 menit
a. Eksplorasi:
   - Siswa diperdengarkan sebuah dialog tentang les preferences ( rasa ingin tahu )
   - Siswa diperdengarkan kembali dialog berulang – ulang 2 kali ( kerja keras )
   - Siswa mengidentifikasi tema yang ada di dalam dialog ( rasa ingin tahu )

b. Elaborasi
-  Siswa kembali mendengarkan dialog. ( kerja keras )
   - Siswa menjawab pertanyaan guru: ( komunikatif )
      * Berapa orang yang terlibat di dalam dialog tersebut ?
      * Siapa saja kah mereka ?
      * Tempat apa saja yang disebutkan di dalam dialog ?
      * Apa yang tidak disukai oleh Ludovic ?
      * Apa yang disukai Émilie ?

- Siswa diberikan penjelasan mengenai Grammaire, yaitu; bagaimana menyatakan kegemaran atau hal yang tidak disukai
 
c. Konfirmasi ( 25 menit )
-          Siswa diperdengarkan kembali dialog untuk memastikan jawaban yang benar
-          Siswa diberikan reward berupa pujian bagi siswa yang terlihat aktif dan benar dalam menjawab ( menghargai prestasi )

C. Penutup

            - Siswa dan guru bersama -sama membuat rangkuman: (komunikatif )
·         Untuk menyatakan yang disukai dengan j’aime + article  défini
·         Untuk menyatakan sesuatu yang tidak disukai je+ne aime pas+ le ..

10 Penilaian Hasil Belajar

a. Jenis tagihan            : Tes tulisan
b. Bentuk  Tagihan      : Pilihan Ganda dan uraian
c. Soal                         :

TEKS BENAR SALAH TERTULIS

1. Émilie accepte d'aller au cabaret.
  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux
2. Ludovic et Émilie détestent le théâtre.
  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux
3. Émilie déteste le cirque.
  1.   ?    vrai
  2.   ?    faux
4. Émilie aime beaucoup de quoi?




Mengetahui                                                                                    Gresik, 20 Juli 2013
Kepala Sekolah,                                                                          Guru Bahasa Perancis




Drs. Abdul Gofur, M.Pd                                                                    Trianasari, S.Pd
NIP : 19610227 198512 1 001                                             NIP. 19860311 201001 2 016







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text