RPP Bahasa Perancis Dire Les Preferences
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
1. Identitas Mata Pelajaran
Satuan Pendidikan :
SMAN 1 KEBOMAS
Kelas : XI
Semester :
I
Program : Bahasa
Mata
Pelajaran : Bahasa
Perancis
Materi Pembelajaran : Les préférences
Jumlah pertemuan : 1 kali ( 2 x 45 menit )
2. Standar Kompetensi : Mendengarkan
Memahami wacana lisan berbentuk
paparan atau dialog sederhana tentang
les préférences
3. Kompetensi Dasar :
-
Mengidentifikasikan
bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat) dalam suatu konteks dengan
mencocokkan, menjodohkan dan membedakan
secara tepat
-
Memperoleh
informasi dari berbagai bentuk teks lisan pendek sederhana tentang kegemaran
4. Indikator pencapaian kompetensi :
1. Menentukan informasi umum/tema
dari wacana lisan. ( rasa ingin tahu )
2. Menentukan informasi tertentu/kata
kunci dari wacana lisan ( rasa ingin tahu
)
3. Menentukan informasi rinci dari wacana
lisan ( rasa ingin tahu )
5. Tujuan Pembelajaran :
a. Siswa
dapat menentukan tema dari dialog yang diperdengarkan.
b. Siswa dapat menyebutkan nama pemeran yang ada di dalam dialog
c. Siswa dapat menirukan dialog dengan lafal dan
intonasi yang benar.
d. Siswa dapat melengkapi teks rumpang
6. - Materi Ajar
a. Les préférences
Lengkapi teks rumpang berikut !
Ludovic :Je
un spectacle de cabaret, ce soir. Ça
t'intéresse?
Émilie :Oui, j' sortir, aller au spectacle...
Ludovic :Moi aussi, mais je
aller au cinéma. Je déteste faire la queue
devant le cinéma. Je
le théâtre.
Émilie : Moi aussi, j'
le théâtre. En fait, je suis
de théâtre, tu sais?
Ludovic :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic :Et tu aimes le cirque?
Émilie :Ah non, j'
du cirque!
Émilie :Oui, j' sortir, aller au spectacle...
Ludovic :Moi aussi, mais je
Émilie : Moi aussi, j'
Ludovic :Tu aimes la littérature, alors?
Émilie :Oui, j'aime beaucoup la littérature.
Ludovic :Et tu aimes le cirque?
Émilie :Ah non, j'
b. Kosa kata :
- cirque -
theathre
- cabaret -
littérature
- spectacle -
cinéma
c. Grammaire :
J'aime ...
J'aime bien ...
J'aime
beaucoup...
J'adore ...
XYZ, j'aime ça
Ce que j'adore le
plus, c'est ...
Ce qui me plaît
le plus, c'est ...
Ce qui me plaît
le plus dans ce
livre/cette
histoire, c'est de
pouvoir...
J'aime X mais je
préfère Y
J'aime bien X
mais j’aime mieux Y
J’aime un peu /
beaucoup /
passionnément / à la folie ...
Je n’aime pas...
Je n’aime vraiment
pas ...
Je n’aime pas du
tout...
Je déteste...
XYZ, je n’aime
pas ça
XYZ, je n’aime
pas trop
Je n’aime pas
trop XYZ
Le /La/ Les X, ça
me déplaît.
Le /La/ Les X, ça
me dégoûte.
Je n'aime ni le X
ni la Y
Je ne supporte
pas...
Je trouve que
c'est nul.
Je trouve ça
assez ennuyeux
Ce n’est pas terrible
7. Alokasi Waktu
2 x 45 menit
8. Metode Pembelajaran
Pendekatan :
CBLT ( Competency Based Language Teaching )
Metode :
Tanya jawab
Media/alat : Laptop , Speaker
9. Kegiatan Pembelajaran
A. Pendahuluan : 10 menit
1. salam :
mengucap salam ( religius / komunikatif )
2. absensi
3. apersepsi : siswa diberikan pengantar untuk masuk
ke dalam bahasa Perancis. contoh bagaimana mengatakan hal yang
menjadi kegemaran kita
B. Inti : 50 menit
a. Eksplorasi:
- Siswa diperdengarkan sebuah dialog tentang les preferences ( rasa ingin tahu )
- Siswa diperdengarkan kembali dialog
berulang – ulang 2 kali ( kerja keras )
- Siswa
mengidentifikasi tema yang ada di dalam dialog ( rasa
ingin tahu )
b. Elaborasi
- Siswa
kembali mendengarkan dialog. ( kerja
keras )
- Siswa
menjawab pertanyaan guru: ( komunikatif )
*
Berapa orang yang terlibat di dalam dialog tersebut ?
* Siapa
saja kah mereka ?
* Tempat
apa saja yang disebutkan di dalam dialog ?
* Apa
yang tidak disukai oleh Ludovic ?
* Apa
yang disukai Émilie ?
- Siswa diberikan penjelasan mengenai Grammaire, yaitu; bagaimana
menyatakan kegemaran atau hal yang tidak disukai
c. Konfirmasi
( 25 menit )
-
Siswa diperdengarkan kembali dialog untuk memastikan jawaban yang
benar
-
Siswa diberikan reward berupa pujian bagi siswa yang
terlihat aktif dan benar dalam menjawab ( menghargai
prestasi )
C. Penutup
-
Siswa dan guru bersama -sama
membuat rangkuman: (komunikatif )
·
Untuk menyatakan yang disukai dengan j’aime + article défini
·
Untuk menyatakan sesuatu yang tidak disukai je+ne aime pas+ le ..
10 Penilaian Hasil Belajar
a. Jenis tagihan :
Tes tulisan
b. Bentuk Tagihan :
Pilihan Ganda dan uraian
c.
Soal :
TEKS BENAR SALAH
TERTULIS
1. Émilie
accepte d'aller au cabaret.
- ? vrai
- ? faux
2. Ludovic et
Émilie détestent le théâtre.
- ? vrai
- ? faux
3. Émilie
déteste le cirque.
- ? vrai
- ? faux
4. Émilie aime
beaucoup de quoi?
11. Sumber Belajar : http://profplus.over-blog.com/categorie-10764632.html
Mengetahui Gresik, 20 Juli 2013
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Perancis
Drs. Abdul Gofur, M.Pd Trianasari, S.Pd
NIP : 19610227 198512 1 001 NIP. 19860311 201001 2
016
Komentar