RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke - 4 Se Presenter
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 4
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MEMBACA ( memahami wacana tulis
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
-
BERBICARA ( mengungkapkan informasi
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
)
KOMPETENSI DASAR :
-
Memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
-
Membaca kata, frasa dan atau kalimat
dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
-
Menyampaikan informasi secara lisan
dengan lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang
mencerminkan kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN :
-
Siswa dapat menentukan bentuk wacana
dengan tepat
-
Siswa dapat menentukan informasi umum/tema
dari wacana tulis
-
Siswa dapat menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
-
Siswa dapat membaca dengan intonasi yang
tepat kata/frasa/kalimat
-
Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu/rinci dari wacana tulis
-
Siswa dapat menirukan ujaran dengan
tepat
-
Siswa dapat menyebutkan ujaran dengan
tepat
-
Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai
konteks
-
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai
konteks
-
Siswa dapat melakukan percakapan sesuai
konteks
METODE : Tanya
jawab, diskusi
MATERI PEMBELAJARAN : IDENTITAS DIRI Se présenter
-
Teks tulis singkat sederhana tentang
identitas diri, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif
sesuai tema.
Savoir-faire
-
Salam ( saluer )
-
Menanyakan keadaan dan meresponnya
-
Menanyakan nama dan menjawab nama diri
-
Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
-
Menanyakan dan menjawab status pekerjaan
-
Menanyakan dan menjawab tentang umur
-
Mengucapkan perpisahan
Grammaire
-
Verbe s’appeler
-
Verbe être + adj. de nationalité
-
Verbe être + nom du profession
-
Orang ke-3 jamak dan tunggal
Vocabulaisre
-
Noms du métier
-
Adjective nationalité
-
Chiffres et nombre
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
2.
|
Membuka
pelajaran dengan salam ‘ bonjour !
comment ça va ?’
Guru
menanyakan kabar siswa
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu
lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).
|
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru
|
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
|
-
Siswa diberikan sebuah teks tulis singkat
sederhana dengan tema se présenter.
-
Siswa diberikan kesempatan untuk membaca dalam
hati teks tersebut
-
Siswa kemudian diberikan kesempatan untuk
mengungkapkan tema umum teks dengan diberi pertanyaan oleh guru, il s’agit de quoi le texte?
-
Siswa diberikan kesempatan untuk membaca teks
dengan nyaring
-
Siswa diberikan waktu untuk bertanya tentang cara baca
dan kata sulit
-
Siswa diberikan pertanyaan tentang il
sont qui ?, il y a combien de personnes? Qu’est-ce qu’il parle ?, ils sont
où?
-
Guru kemudian meminta siswa untuk melakukan
percakapan sesuai dengan konteks bersama dengan kawan sebangku
|
3’’
2’’
5’’
30’’
10’’
5’’
35’’
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Mengucapkan salam
|
-
Membalas salam
|
Alat
dan sumber belajar :
1 buah teks lisan tentang se présenter
Metode
mengajar : diskusi,
ceramah
Penilaian : Praktik
berbicara dalam bahasa Perancis
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar