RPP Bahasa Perancis Pertemuan ke - 6 Presenter Quelqu'un ( 2 )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH      : SMAN 1 KEBOMAS
MATA PELAJARAN  : Bahasa Perancis       
PROGRAM               : Pilihan
KELAS/SEMESTER   : X
PERTEMUAN KE      : 6
ALOKASI WAKTU    : 2 x 45 menit

STANDAR KOMPETENSI  : 
-          MEMBACA ( memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
-          BERBICARA ( mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
KOMPETENSI DASAR       :
-          Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
-          Membaca kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis sederhana dengan tepat
-          Melakukan dialog sederhana, dengan lancar, yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

TUJUAN PEMBELAJARAN           :
-          Siswa dapat menentukan bentuk wacana dengan tepat
-          Siswa dapat menentukan informasi umum/tema dari wacana tulis
-          Siswa dapat menentukan informasi rinci dari wacana tulis
-          Siswa dapat membaca dengan intonasi yang tepat kata/frasa/kalimat
-          Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu/rinci dari wacana tulis
-          Siswa dapat menirukan ujaran dengan tepat
-          Siswa dapat menyebutkan ujaran dengan tepat
-          Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai konteks
-          Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai konteks
-          Siswa dapat melakukan percakapan sesuai konteks

METODE                               : Tanya jawab,  diskusi
MATERI PEMBELAJARAN     : IDENTITAS DIRI  Présenter quelqu’un
-          Teks tulis singkat sederhana tentang identitas diri, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema.

Savoir-faire
-          Salam ( saluer )
-          Menanyakan keadaan dan meresponnya
-          Menanyakan nama dan menjawab nama diri dengan orang ketiga tunggal
-          Menanyakan dan menjawab tempat tinggal dengan orang ketiga tunggal
-          Menanyakan dan menjawab status pekerjaan dengan orang ketiga tunggal
-          Menanyakan dan menjawab tentang umur dengan orang ketiga tunggal
-          Mengucapkan perpisahan
Grammaire
-          Verbe s’appeler
-          Verbe être + adj. de nationalité
-          Verbe être + nom du profession
-          Orang ke-3 jamak dan tunggal
Vocabulaire
-          Noms du métier
-          Adjective nationalité
-          Chiffres et nombre
-          Adjective qualificatif
-          Adjectif possésif

LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.



2.
Membuka pelajaran dengan salam ‘ bonjour ! comment ça va ?’
Guru menanyakan kabar siswa

 Apersepsi
( Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).

-          Menjawab salam, “ bonjour ! ça  va bien. Et  vous comment ça va?”

                                                             
 Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru

KEGIATAN INTI

Kegiatan Siswa
Waktu

-          Siswa diberikan sebuah teks tulis singkat sederhana dengan tema  présente quelqu’un
-          Siswa diberikan kesempatan untuk membaca teks tersebut
-          Siswa kemudian diberikan kesempatan untuk mengungkapkan tema umum teks dengan diberi pertanyaan oleh guru, il s’agit de quoi le texte?
-          Siswa diberikan kesempatan untuk membaca teks dengan nyaring
-          Siswa diberikan waktu untuk bertanya tentang cara baca dan kata sulit
-          Siswa diberikan pertanyaan  tentang il sont qui ?, il y a combien de personnes? Qu’est-ce qu’il parle ?, ils sont où?
-          Guru kemudian meminta siswa untuk melakukan percakapan sederhana dengan mengenalkan identitas orang lain
3’’

2’’

5’’

30’’

10’’

5’’

30’’



Kegiatan PENUTUP

Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

-          Mengucap salam
-          Membalas salam
Alat dan sumber belajar              : 1 buah teks lisan tentang présenter quelqu’un
                                               
Metode mengajar                      : diskusi, Tanya jawab
Penilaian                                  : Praktik berbicara


Gresik, April 2010

Mengetahui                                                                             Penyusun
Kepala SMAN 1 KEBOMAS                                                   Guru Bahasa Perancis




Drs. H.M.E Wahyudi, MM                                                     Trianasari, S.Pd
NIP. 19631031 199003 1 003                                                NIP. 19860311 201001 2 016






L’adjectif possésifs

Singulier
pluriel

Je

Tu

Il/elle
Masc
Fém

Mes cousins
Tes cousins
Ses cousins
Mon cousin
Ton cousin
Son cousin
Ma sœur
Ta sœur
Sa sœur
Julie est une fille.
Elle a 8 ans.
Ses cheveux sont blonds.
Elles a des yeux bleus.
Ce bébé est le frère de Julie.
Julie a aussi une soeur.
 
Elle a deux amis : Paul et Jennifer.
Julie a un chien
et un chat.

Qui est Julie ?

Bonjour ! jc’est ma sœur Marie
Elle a neuf ans
Ses cheveux sont noirs, ses yeux sont bruns
Et elle aime bien manger d’orange







































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Antropologi

RPP Bahasa Inggris Future Tense Kurikulum 2013

Analytical Exposition Text