RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke -7 Presenter Quelqu'un (3)
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 7
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MENDENGARKAN ( Memahami wacana lisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri )
-
BERBICARA ( Mengungkapkan informasi
secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
)
KOMPETENSI DASAR :
-
Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata,
frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan
membedakan secara tepat
-
Menyampaikan informasi secara lisan dengan
lafal yang tepat dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan
kecakapan berbahasa yang santun dan tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Siswa dapat membedakan bunyi huruf dari
kosakata yang mirip
2.
Siswa dapat membedakan bunyi yang
didengar
3.
Siswa dapat menentukan benar/salah
ujaran
4.
Siswa dapat menirukan ujaran dengan
tepat
5.
Siswa dapat menyebutkan ujaran dengan
tepat
6.
Siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai
konteks
7.
Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai
konteks
8.
Siswa dapat menyampaikan informasi
sederhana sesuai konteks
METODE : Tanya jawab,
bermain peran, ceramah
MATERI PEMBELAJARAN : IDENTITAS DIRI Présenter quelqu’un
-
Percakapan singkat sederhana tentang
identitas diri
-
Teks lisan , singkat sederhana tentang
identitas diri, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif
sesuai tema.
Savoir-faire
-
Salam ( saluer )
-
Menanyakan keadaan dan meresponnya
-
Menanyakan nama dan menjawab nama diri
-
Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
-
Menanyakan dan menjawab status pekerjaan
-
Menanyakan dan menjawab tentang umur
-
Mengucapkan perpisahan
Grammaire
-
Verbe s’appeler
-
Verbe être + adj. de nationalité
-
Verbe être + nom du profession
Vocabulare
-
Noms du métier
-
Adjective nationalité
-
Chiffres et nombre
-
Adjective qualificatif
-
Adjectifs possésifs
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
2.
|
-
Membuka pelajaran dengan salam ‘ bonjour ! comment ça va ?
-
Je vais bien,
merci.
Guru
menjelaskan lebih lanjut tentang hal ini.
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk kembali mengingat pelajaran yang telah diberikan
minggu lalu s).
|
-
Siswa mendengarkan
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan penjelasan guru
|
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi
waktu
|
|
-
Siswa diperdengarkan rekaman tentang identitas
diri ( sapaan, nama, alamat, umur, pekerjaan dan kewarganegaraan )
-
Guru membahas rekaman tersebut satu persatu, memperdengarkannya
berulang-ulang maksimal 3 kali
-
Guru menggarisbawahi dengan mencatat di papan
tulis, ujaran yang penting.
-
Siswa diperdengarkan kembali rekaman yang membahas
dan menanyakan keadaan seseorang comment
ça va?
-
Siswa diperdengarkan pembahasan perkenalan diri. Je m’appelle … dan menanyakan nama tu t’appelles comment?
-
Siswa diperdengarkan pembahasan yang menanyakan
umur tu as quel âge?
-
Siswa diperdengarkan pembahasan yang menanyakan
tempat tinggal tu habites où?
-
Siswa diperdengarkan pembahasan yang menanyakan
pekerjaan qu’est-ce que tu fais?
-
Siswa diperdengarkan pembahasan tentang
kewarganegaraan quelle est ta
nationalité?
-
Siswa diberikan pertanyaan secara langsung
qui sont-ils dans le dialogue?, il y a combien de
personne?
Est-ce qu’il s’appelle Jacques?, etc
-
Siswa diberikan pertanyaan mengenai informai rinci
di dalam teks yang menuntun pada pertanyaan benar atau salah.
-
Setelah semua diperdengarkan, guru membahas
kembali tentang adjective possésif
-
Siswa diberikan waktu untuk bertanya
-
Siswa diminta untuk mempraktekkan dialog dengan
teman satu bangku/ sebelahnya tentang présenter quelqu’un dengan kreasi siswa
sendiri. Siswa dapat berperan sebgaai orang lain dan dengan identitas orang
lain pula.
|
2 ‘’
5’’
5’’
1’’
1’’
1’’
1’’
1’’
1’’
5’’
10’’
5’’
3’’
20’’
|
KEGIATAN
PENUTUP
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Mengucap salam
|
-
Menjawab salam
|
Alat
dan sumber belajar : rekaman
suara, Le Mag method de français, papan tulis
Metode
mengajar : ceramah,
diskusi
Penilaian : Praktik
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
Komentar