RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke - 5 Presenter Quelqu'un
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 5
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MENDENGARKAN (memahami wacana tulis
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
-
MENULIS ( mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
KOMPETENSI DASAR :
-
Memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis sederhana
-
Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
-
Siswa dapat menentukan bentuk wacana
secara tepat
-
Siswa dapat menentukan informasi umum dari
wacana tulis
-
Siswa dapat menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
-
Siswa dapat menuliskan
kata/frasa/kalimat dengan tanda baca yang tepat
-
Siswa dapat menyampaikan informasi
secara tertulis dengan tanda baca yang tepat
METODE : ceramah,
diskusi
MATERI PEMBELAJARAN : Présenter quelqu’un
-
Dialog singkat sederhana tentang
memperkenalkan orang lain
-
Teks lisan singkat sederhana tentang
identitas orang lain yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif
sesuai tema.
Savoir-faire
-
Salam ( saluer )
-
Menanyakan keadaan dan meresponnya
-
Menanyakan nama dan menjawab nama diri
-
Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
-
Menanyakan dan menjawab status pekerjaan
-
Menanyakan dan menjawab tentang umur
-
Mengucapkan perpisahan
Grammaire
-
Verbe s’appeler
-
Verbe être + adj. de nationalité
-
Verbe être + nom du profession
-
Pronomina orang ke-3
Vocabulare
-
Noms du métier
-
Adjective nationalité
-
Chiffres et nombre
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
2.
|
Membuka
pelajaran dengan salam ‘ bonjour !
comment ça va ?’
Guru
menanyakan kabar siswa
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu
lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).
|
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru
|
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan
Siswa
|
Waktu
|
|
-
Siswa diperdengarkan sebuah teks lisan baik dengan
rekaman atau dibacakan sendiri oleh guru tentang tema se présenter.
-
Siswa diberikan pertanyaan tentang tema umum yang
sedang dibicarakan di dalam teks lisan, il
s’agit de quoi le texte?
-
Siswa diperdengarkan kembali teks lisan dan
bertanya lebih detail tentang il sont
qui ?, il y a combien de personnes? Qu’est-ce qu’il parle ?, ils sont où?
-
Bila siswa belum bisa menjawab pertanyaan
langsung, siswa diperdengarkan kembali teks lisan tersebut dan memberikan penyangatan
pada teks lisan yang dimaksud
-
Siswa kemudian diberikan pertanyaan yang terkait
dengan teks yang telah diperdengarkan tadi secara tertulis dengan menentukan
benar atau salah
-
Siswa kemudian diberikan soal tertulis yang
menguji kemampuan siswa dalam membedakan ujaran yang didengarnya
-
Siswa diminta
untuk menuliskan dengan kalimat sendiri, yaitu dalam bentuk orang
pertama/kedua dan ketiga jamak dan tunggal dari teks lisan yang telah
diperdengarkan ke dalam sebuah paragraf yang runtut sebagai evaluasi
|
4’’
3’’
10’’
5’’
7’’
10’’
13’’
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Mengucap salam
|
-
Membalas salam
|
Alat
dan sumber belajar : 1 buah teks
lisan tentang se présenter
:
1 buah soal benar dan salah berisi 5 butir soal ( terkait dengan teks lisan )
:
1 buah teks rumpang untuk isian orang ketiga jamak dan tunggal
:
1 buah soal untuk membedakan ujaran yang didengar berisi 10 butir soal
Metode
mengajar : diskusi,
ceramah
Penilaian : Praktik,
soal latihan
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
REKAMAN MENDENGARKAN
TEKS KOSAKATA MIRIP
te faire ..... de rire
manger
jouer
mourir
.... mon café noir
acheter
te préparer
boire
.... de la guitare
toucher
jeter
jouer
.... partout
teparler
t'embrasser
tesourire
.... les infos
écouter
regarder
enregistrer
.... toujours trop
manger
s'amuser
fumer
..... pardon
te dire
te demander
t'offrir mon
C'est la liste des choses que je veux faire avec
vous
toi
soi
.... mon café noir
.... de la guitare
.... partout
.... les infos
.... toujours trop
..... pardon
C'est la liste des choses que je veux faire avec
Komentar