RPP Bahasa Perancis Pertemuan Ke-3 Se - Presenter
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NAMA
SEKOLAH : SMAN 1 KEBOMAS
MATA
PELAJARAN : Bahasa Perancis
PROGRAM :
Pilihan
KELAS/SEMESTER : X
PERTEMUAN
KE : 3
ALOKASI
WAKTU : 2 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI :
-
MENDENGARKAN ( Memahami wacana lisan
berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang Identitas diri )
-
MENULIS ( Mengungkapkan informasi secara
tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri )
KOMPETENSI DASAR :
-
Mengidentifikasi bunyi, ujaran ( kata,
frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan mencocokkan, menjodohkan dan
membedakan secara tepat
-
Mengungkapkan informasi secara tertulis
dalam kalimat sederhana sesuai konteks yang mencerminkan kecakapan menggunakan
kata, frasa dengan huruf, ejaan, tanda baca dan struktur yang tepat
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1.
Siswa dapat membedakan bunyi huruf dari
kosakata yang mirip
2.
Siswa dapat membedakan bunyi yang
didengar
3.
Siswa dapat menentukan benar/salah
ujaran
4.
Siswa dapat menulis kalimat dengan tepat
5.
Siswa dapat menulis paragaraf dengan
tepat
METODE : Tanya
jawab, ceramah
MATERI PEMBELAJARAN : IDENTITAS DIRI Se présenter
-
Dialog singkat sederhana tentang
identitas diri
-
Teks lisan, singkat sederhana tentang
identitas diri, yang memuat kosakata pola kalimat dan ungkapan komunikatif
sesuai tema.
Savoir-faire
-
Salam ( saluer )
-
Menanyakan keadaan dan meresponnya
-
Menanyakan nama dan menjawab nama diri
-
Menanyakan dan menjawab tempat tinggal
-
Menanyakan dan menjawab status pekerjaan
-
Menanyakan dan menjawab tentang umur
-
Mengucapkan perpisahan
Grammaire
-
Verbe s’appeler
-
Verbe être + adj. de nationalité
-
Verbe être + nom du profession
-
Orang ke-3 jamak dan tunggal
Vocabulare
-
Noms du métier
-
Adjective nationalité
-
Chiffres et nombre
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN AWAL
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
1.
2.
|
Membuka
pelajaran dengan salam ‘ bonjour !
comment ça va ?’
Guru
menanyakan kabar siswa
Apersepsi
(
Guru mengajak siswa untuk mengulang kembali secara singkat pelajaran minggu
lalu dengan mengarahkan siswa dengan pertanyaan – pertanyaan).
|
-
Menjawab salam, “ bonjour ! ça va bien. Et vous comment ça va?”
-
Siswa mendengarkan dan menjawab pertanyaan guru
|
KEGIATAN INTI
|
Kegiatan
Siswa
|
Alokasi Waktu
|
|
-
Siswa diperdengarkan sebuah teks lisan baik dengan
rekaman atau dibacakan sendiri oleh guru tentang tema se présenter.
-
Siswa diberikan pertanyaan tentang tema umum yang
sedang dibicarakan di dalam teks lisan, il
s’agit de quoi le texte?
-
Siswa diperdengarkan kembali teks lisan dan
bertanya lebih detail tentang il sont
qui ?, il y a combien de personnes? Qu’est-ce qu’il parle ?, ils sont où?
-
Bila siswa belum bisa menjawab pertanyaan
langsung, siswa diperdengarkan kembali teks lisan tersebut dan memberikan
penyangatan pada teks lisan yang dimaksud
-
Siswa kemudian diberikan pertanyaan yang terkait
dengan teks yang telah diperdengarkan tadi secara tertulis dengan menentukan
benar atau salah
-
Siswa memperhatikan guru menjelaskan kata ganti
orang ketiga
-
Siswa kemudian diberikan soal tertulis yang
menguji kemampuan siswa dalam membedakan ujaran yang didengarnya
-
Siswa diminta untuk menuliskan dengan kalimat sendiri,
yaitu dalam bentuk orang ketiga jamak dan tunggal dari teks lisan yang telah
diperdengarkan ke dalam sebuah paragraf yang runtut.
|
4’’
3’’
10’’
3’’
7’’
10’’
13’’
20
|
Kegiatan
Penutup
|
Kegiatan
Guru
|
Kegiatan
Siswa
|
|
-
Siswa diberikan evaluasi yang berisi sebuah teks
rumpang untuk diisikan kata ganti orang ketiga jamak atau tunggal
-
Menutup pelajaran dengan salam
|
-
Mengerjakan soal
-
Menjawab salam
|
Alat
dan sumber belajar : 1 buah teks
lisan tentang se présenter
:
1 buah soal benar dan salah berisi 5 butir soal
:
1 buah teks rumpang untuk isian orang ketiga jamak dan tunggal
:
1 buah soal untuk membedakan ujaran yang didengar berisi 10 butir soal
Metode
mengajar : diskusi,
ceramah
Penilaian : Praktik,
soal latihan
Gresik,
April 2010
Mengetahui Penyusun
Kepala
SMAN 1 KEBOMAS Guru
Bahasa Perancis
Drs.
H.M.E Wahyudi, MM Trianasari,
S.Pd
NIP.
19631031 199003 1 003 NIP.
19860311 201001 2 016
S’appeler Habiter
être avoir
Il / elle/on s’appelle j’habite suis ai
Nous nous appelons habitons
sommes avons
Vous vous appelez habitez êtes avez
Ils
/ elles appellent habitent sont ont
Bonjour
! je vous présente mon ami
Il s’appelle Jean, il a 24 ans
Il
habite en france
Il
est français et maintenant il travalle
comme professeur.
TEKS KOSAKATA YANG
MIRIP
Questions
.... à un concert .... ma chambre en vert .... de la vodka .... un décolleté .... un meublé .... un chien .... beaucoup trop .... tout par les fenêtres .... de tout mon être |
Komentar